Pada Tahun 2020 menjadi awal mula BUMN berupaya membantu UMKM melek digital yaitu dengan hadirnya Platform inisiasi Kementerian BUMN dan BUMN lainnya yang bernama Pasar Digital UMKM. Semenjak peluncurannya dengan topik pengadaan barang dan jasa BUMN serta jual barang dan jasa BUMN menjadi tombak kebahagiaan UMKM yang sangat antusias untuk bergabung di dalamnya.

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (26/12/20), PaDi UMKM memilki Tips-tips umum seputar Jualan online untuk para pelaku usaha UMKM terutama bagi yang baru bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini. Dengan adanya tips dan trik seputar produk ini diharapkan para pelaku usaha UMKM yang ingin mencoba mengunggah produknya agar terlihat lebih menarik dimata para pembeli yaitu pihak BUMN.

Jualan online masih diselimuti dengan berbagai praduga dari yang baik hingga yang bikin was-was, namun sudah tahukah anda berbagai keuntungan yang diperoleh jika anda gunakan tips berikut ini untuk semangat melewati tahap jualan online anda sebagai pedagang, berikut tipsnya.

Pertama, modal yang sedikit untuk berjualan secara online, modal itu dibutuhkan untuk setiap bisnis yang baru akan dimulai maupun bisnis tersebut sudah berjalan, karena anda memerlukannya untuk membeli keperluan yang diperlukan untuk menutupi kebutuhan pada produk yang akan anda jual.

Kedua menurut platform beli barang dan jasa BUMN ini adalah, lokasi yang tidak tergantung. Tidak perlu menyewa toko atau membeli suatu tempat untuk penanda toko anda, saat online cukup cantumkan alamat rumah sebagai toko anda. Tetap bergantung pada keputusan anda, toko tersebut ingin di datangi pembeli untuk bertu secara langsung jika ingin request jumlah produk dalam jumlah yang banyak atau ingin bertemu untuk request model yang spesifik. Semua tetap tergantung bagaimana penjual menanggapi hal tersebut.

Ketiga menurut platform jual barang dan jasa pemerintah ini adalah pemasaran lebih luas, pada zaman sekarang ini media sosial memiliki beragam fitur serta perusahaan masing-masing yang memiliki pengikut berbeda-beda. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, anda tidak hanya berpromosi kepada rekan-rekan maupun teman dekat, anda juga dapat berpromosi ke orang lain yang belum anda kenal untuk memberikan edukasi kepada mereka agar mengenal lebih jauh produk tersebut.

Terakhir menurut platform digital jual barang dan jasa BUMN ini adalah tidak perlu banyak SDM. SDM yang banyak akan tetap dibutuhkan nanti jika toko online anda sudah meraih kesuksesan dan pembeli akan datang dengan sendirinya tanpa perlu anda berpromosi secara besar-besaran. Kemudahan berdagang online secara kecil-kecilan tanpa harus merekrut SDM banyak akan tetap bisa dijalankan pada toko anda mengingat online shop memiliki banyak kemudahan dalam bertransaksi dan dapat menghemat budget perusahaan.