Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Meskipun bunga mawar bukanlah tanaman tropis, namun bunga ini dapat tumbuh di daerah tropis. Namun, ada syarat dan kondisi tertentu yang harus dipenuhi agar tanaman mawarmu bisa tumbuh dengan baik. Simak syarat-syaratnya berikut ini.

a. Iklim

 

Tanaman mawar tumbuh dengan sangat baik di daerah panas. Oleh karena itu, penyesuaian iklim sangat perlu dilakukan supaya tanaman mawarmu tumbuh subur. Berikut ini ada beberapa syarat iklim yang cocok dengan tanaman mawar:

  • Curah Hujan 1500-3000 mm/tahun
  • Temperatur optimum 18หšC โ€“ 26หšC. Suhu ini berperan penting dalam laju proses fisiologi tanaman, seperti respirasi dan fotosintesis.
  • Ketinggian tempat 560 โ€“ 800 mdpl menurut https://agrarindo.com/ . Sebenarnya, mawar merupakan tanaman yang memiliki tingkat adaptasi yang baik sehingga bisa ditanam dimana saja. Namun jika kamu ingin hasil terbaik, tanamlah mawar di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 900 โ€“ 1500 mdpl.
  • Sinar matahari 5 โ€“ 6 jam per hari, terutama saat pagi hari. Daerah yang sering terkena matahari akan membuat mawar lebih cepat tumbuh dan berbatang kokoh.
  • Kelembapan udara 70 โ€“ 80%

Semua persyaratan ini bisa kamu cari tahu apakah sesuai dengan daerahmu atau tidak.

b. Media Tanam

 

Pemilihan media tanam yang cocok sangat diperlukan tanaman mawarmu agar cepat berbunga dalam waktu yang singkat. Berikut ini adalah media tanam yang baik sebagai tempat tumbuh mawar:

  • Tekstur tanah liat berpasir
  • Jenis tanah andosol dan latosol, karena memiliki sifat fisik dan kesuburan tanah yang baik.
  • Tingkat keasaman tanah (pH) antara 5,5 โ€“ 7. Jika kondisi tanah di sekitar rumahmu memiliki pH dibawah 5, maka harus dilakukan pengapuran menggunakan kapur Dolomit atau Zeagro dengan dosis sekitar 4-5 ton/hektar.

Hal ini berguna untuk meningkatkan pH tanah dan juga memperbaiki kehidupan mikroorganisme dalam tanah. Selain itu, pemberian kapur ini juga bertujuan untuk menambah unsur kalsium dan magnesium pada tanah.

  • Struktur tanah subur dan gembur
  • Tanahnya berbahan organik dan memiliki aerasi serta drainase yang baik

Media tanam berupa tanah harus dicampur dengan pupuk organik atau abu dapur. Fungsi abu dapur ini berguna untuk membunuh kuman penyakit yang terkandung dalam tanah. Selain itu, kamu juga perlu untuk menambah

Nah, itu tadi Cara Menanam Bunga Mawar dan perawatannya di rumah agar berbunga banyak. Bagaimana, apakah tertarik untuk mencobanya di rumah? Semua info di atas perlu dipraktikkan secara hati-hati agar bunga mawarmu tumbuh dengan lebat dan cepat.

Semoga dengan informasi cara penanaman bunga mawar dan perawatannya ini dapat membantu kamu yang ingin menanam bunga mawar di rumah, ya! Selamat mencoba!