Snare drum dapat dibuat dari berbagai kayu, logam, akrilik, atau komposit, misalnya, bahan fiberglass. Diameter snare drum pada umumnya adalah 14 in (36 cm). Snare drum untuk marchingband lebih dalam (lebih tinggi) daripada snare drum yang biasanya digunakan untuk orkestra atau keperluan drum  lainnya yang biasanya  berukuran 12 in (tinggi). Orkestra snare drum sekitar 6 inci (15 cm). Snare drum Piccolo bahkan lebih dangkal dengan kedalaman sekitar 3 in (7.6 cm). Drum soprano, popcorn, dan snecracker snare memiliki diameter sekecil 8 in (20 cm) dan sering digunakan untuk efek khusus bernada tinggi.

Kebanyakan snare drum kayu dibuat dalam lapisan yang dicetak panas dan kompresi ke dalam silinder. Kerang yang dibasahi uap terdiri dari satu lapis kayu yang secara bertahap dibulatkan ke dalam silinder dan direkatkan pada satu jahitan. Cincin penguat, yang disebut “ring”, sering dimasukkan pada permukaan bagian dalam cangkang drum agar tetap bulat sempurna. Kerangka segmen terbuat dari beberapa tumpukan cincin kayu tersegmentasi. Segmen direkatkan dan dibulatkan oleh mesin bubut. Demikian pula, batok stave dibangun dari potongan-potongan kayu yang direkat secara vertikal ke dalam sebuah silinder (seperti laras) yang juga dibulatkan oleh mesin bubut. Cangkang padat terbuat dari satu potongan kayu berlubang.

Kepala atau kulit yang digunakan adalah head (permukaan bermain di bagian atas drum) dan kepala resonansi (bawah). Kepala resonan biasanya jauh lebih tipis daripada kepala adonan dan tidak dipukul saat bermain. Snare drum yang modern menggunakan plastik (Mylar) kulit dengan ketebalan sekitar 10 mils, kadang-kadang dengan banyak lapisan (biasanya dua) sekitar 7 mils.. Selain itu, ring atau titik kontrol nada dapat diterapkan, baik di permukaan luar atau dalam kepala, untuk mengontrol nada dan dering, dan dapat ditemukan diposisikan di tengah atau dekat dengan lingkaran tepi atau keduanya. Kepala resonansi biasanya hanya beberapa mil tebal, untuk memungkinkan mereka untuk menanggapi gerakan kepala batter saat dimainkan. Persyaratan band pipa telah menyebabkan pengembangan kepala berbasis Kevlar, memungkinkan tuning yang sangat tinggi, sehingga menghasilkan suara snare retak yang sangat tinggi.

Teknik baru yang dipakai guna meningkatkan kualitas suara selama konstruksi snare drum ialah ventilasi simetris. Berbeda dengan lubang ventilasi standar tunggal, udara bisa dengan mudah keluar masuk di sekitar instrumen tanpa tertangkap. Gerakan cepat ini menciptakan suara yang lebih halus dan lebih kuat. Jual peralatan drumband menyediakan snare dengan kualitas terbaik.