Content marketing (pemasaran konten) merupakan tidak benar satu teknik pemasaran paling baik dan paling efektif di masa internet sementara ini. Ia identik bersama dengan pemasaran online. Berikut ini pengertian content marketing yang merupakan teknik pemasaran dan kehumasan secara online.

Istilah content marketing terkait erat bersama dengan istilah digital marketing, internet marketing, SEO, content creator , content writing, business blogging, dan usaha online.

Content marketing bisa dikatakan jadi cara yang lebih efektif bagi para pengusaha online manfaat memperkenalkan dan memasarkan product atau jasanya.

Content marketing lebih menekankan informasi faedah product dibandingkan promosi product secara langsung. Ini berlawanan bersama dengan yang dilaksanakan iklan konvensional yang secara eksplisit dan jalankan promosi.

 

Pengertian Content Marketing

Definisi content marketing paling banyak dikutip adalah pengertian yang dirumuskan Joe Pulizzi (2009) sebagaimana dikutip Content Marketing Institute sebagai berikut:

“Content marketing adalah teknik pemasaran bersama dengan cara menyebabkan dan membagikan konten yang bermanfaat, terkait, dan terus menerus untuk menarik dan memperoleh target audiens yang sesuai agar bisa memperoleh keuntungan berasal dari pengunjung website.”

 

Menurut Susan Gunelius didalam 30-Minute Social Media Marketing (McGraw-Hill, 2011), pengertian content marketing adalah sistem secara tidak langsung dan langsung mempromosikan usaha atau brand lewat konten teks, video, atau audio yang bernilai tambah baik secara online maupun offline.

 

Secara praktis, content marketing adalah pemasaran bersama dengan langkah menggunakan sebuah konten baik itu tulisan, gambar, maupun video yang dipublikasikan di web site dan account tempat sosial.

Content marketing dilkukan bersama dengan langkah membawa dampak dan juga mendistribusikan sebuah konten yang dapat menarik audiens. Dari konten ini kami menarik pengunjung sekaligus mendorong audiens sehingga menjadi costumer dan belanja produk atau jasa kita.

 

Sarana pemasaran konten yakni bersama dengan memaksimalkan web site dan tempat sosial kegunaan kepentingan promosi dan sosialisasi. Pemasaran dan kehumasan masa internet ini juba dapat dilkukan di web site orang lain –disebut content placement (penempatan konten).

Lebih jelasnya, content marketing adalah isi web site dan tempat sosial bersama dengan konten selain produk atau layanan.

 

Contohnya, di web site Acer Indonesia tersedia menu Article yang memuat artikel yang bertema non-laptop, tetapi tersedia kaitannya bersama dengan laptop. Itulah content marketing.

Di situs-situs provider domain-hosting tersedia menu/kategori Blog yang memuat tips dan trik blogging. Itulah content marketing.

Sebuah web site berbentuk toko online baju, misalnya, tidak cuma memuat produk fashion yang dijual, tetapi termasuk memuat tips dan trik seputar fashion. Inilah content marketing.

 

Fungsi Content Marketing

Fungsi content marketing pada dasarnya sama dengan fungsi iklan atau promosi:

  1. Menarik perhatian konsumen
  2. Memperkenalkan merek produk atau jasa
  3. Memperluas jaringan pelanggan
  4. Meningkatkan penjualan secara online
  5. Meningkatkan kesadaran akan merek.
  6. Melibatkan komunitas pengguna produk secara online.

Mengutip laman Forbes, content marketing penting dilakuan mengingat empat tahap “buying cicle” berikut ini:

  1. Kesadaran (Awareness). Sebelum kesadaran pelanggan mungkin memiliki kebutuhan, tetapi mereka tidak menyadari ada solusi.
  2. Penelitian (Research). Setelah pelanggan menyadari ada solusi, mereka akan melakukan penelitian untuk mendidik diri mereka sendiri. Misalnya, pembeli mobil akan mencoba mencari tahu jenis mobil apa yang ada, dan mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  3. Pertimbangan (Consideration). Pada titik ini pelanggan mulai membandingkan berbagai produk dari vendor yang berbeda untuk memastikan mereka mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang wajar.
  4. Membeli (Buy). Akhirnya, pelanggan membuat keputusan dan bergerak maju dengan transaksi.

Dalam berbagai kesempatan pelatihan humas online saya sering menceritakan pengalaman terkait content marketing. Dulu, saya pernah mencari nomor telepon taksi di Bandung. Googling! Cari di Google.

By toha