Hal yang Membedakan Antara Seo dan Sem yang Harus Anda Ketahui

Dengan perkembangan era digital seperti saat ini, aktivitas pemasaran juga mengalami pergeseran. Pekerjaan pemasaran tradisional tidak lagi menjadi barang andalan dan dapat diandalkan seperti dulu. Sementara, pada artikel ini ada istilah atau profesi yang saat ini cukup terkenal yaitu digital marketing. Tepat sekali! kali ini kita akan bahas seputar Seo dan Sem.

Di bidang jasa SEO, kita sering menjumpai dua istilah penting yang cukup sering didengar yaitu Seo dan Sem. Sementara dua hal yang hampir mirip dan berkaitan dalam dunia digital marketing ini memiliki arti dan kegunaan yang berbeda satu sama lain.

Apa perbedaan antara Seo dan Sem? Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan kedua istilah tersebut yang cukup sering kita dengar. Berikut ini akan kita bahas perbedaannya dan alangkah lebih baiknya jika memahami Seo dan Sem satu persatu. Informasi ini bersifat valid karena kami dapatkan dari para ahli SEO.

Contoh yang bagus dari ini adalah dua kategori syarat dan ketentuan yang berbeda satu sama lain tanpa pemahaman yang jelas tentang kesamaannya. Adapun perbedaan antara Seo dan Sem yang harus Anda ketahui, sebagai berikut :

Apakah Perbedaan Antara SEO dan SEM?

SEO dan SEM secara teknis sungguh berbeda. Apa saja perbedaannya? Berikut kami bagikan informasinya.

SEO (Pengoptimalan Mesin Telusur)

SEO atau pengoptimalan mesin telusur adalah proses untuk memengaruhi visibilitas situs web atau halaman web dalam hasil penelusuran biasa (sering disebut sebagai penelusuran tidak berbayar, penelusuran non-iklan, atau penelusuran organik) dari sebuah penelusuran.  .

Sementara Seo merupakan hal yang dapat mengoptimalkan halaman dan konten website untuk mesin pencari agar website yang kita disukai oleh audiens, disukai dan berada di halaman pertama mesin pencari. Sementara mesin pencari akan menyukai website yang memiliki konten relevan dan berkualitas,sehingga pengunjung betah berlama-lama di website Anda.

SEO sering disebut sebagai alat untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada suatu website, karena SEO merupakan proses yang tumbuh dan berkembang. Mulai dari situs web baru Anda dapat mendaftarkan domain dan menghostingnya. Sementara situs yang tidak populer, maka tidak memiliki posisi apapun dalam hasil pencarian internet.

Namun jika website telah dioptimalkan dengan baik.  Maka website tersebut akan tumbuh lebih besar, lebih populer, memiliki posisi yang baik dalam hasil pencarian di search engine, dan akan memenuhi tujuan pemilik website. Hal ini berbeda dengan non-SEO atau non-organik yang cenderung bersifat instan.

Proses non-organik ini harus menggunakan uang untuk mendapatkan audiens yang tinggi. Itulah sedikit pemahaman tentang Seo dan Sem yang mungkin bisa membantu Anda memahami betapa pentingnya hal ini untuk sebuah situs web.

Tanpa basa-basi lagi, berikut pembahasan kita tentang Bing Webmaster Tools. Secara umum, ada 2 jenis SEO yaitu white SEO dan blackhat SEO. Apa perbedaan dari 2 hal tersebut? White SEO dilakukan dengan teknik yang diizinkan oleh Google agar blog bisa bertahan lama di posisi teratas.

Dimana, SEO putih ini dilakukan dengan cara yang bersih dan jujur. Sementara itu, berbeda dengan White SEO, blackhat SEO dilakukan dengan cara terlarang yang melanggar TOS google. Menggunakan blackhat SEO hanya akan meningkatkan kemungkinan blog tersebut ditangguhkan oleh Google.

SEM (Pemasaran Mesin Telusur)

Istilah SEM memiliki arti bentuk pemasaran Internet yang melibatkan pembelian lalu lintas melalui aktivitas pencarian berbayar. SEM sering digunakan untuk mendeskripsikan tindakan yang terkait dengan penelitian, pengiriman, dan pemosisian situs web di mesin pencari.

Ini dapat mencakup semuanya, mulai dari pengoptimalan mesin telusur, daftar dan layanan berbayar hingga fungsi terkait mesin telusur lainnya yang akan meningkatkan eksposur dan lalu lintas ke situs web Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SEM sebenarnya mirip dengan SEO tapi tidak sama. SEM juga memiliki tujuan untuk menampilkan website di halaman pertama Google namun dengan cara yang sedikit berbeda dengan SEO.

Jika menggunakan SEO itu gratis, maka menggunakan SEM pasti berbayar. Dimana, salah satu media yang menggunakan SEM adalah google adwords. Dengan menggunakan Google Adwords, maka website Anda akan berada di halaman pertama Google. Namun, pengguna SEM biasanya lebih identik dengan aktivitas penawaran produk.

Jarang sekali pengguna SEM hanya mempromosikan konten (yang hanya berupa tulisan). Biasanya yang memasang iklan di search engine adalah toko online yang memiliki produk untuk dijual. Tidak seperti SEO yang lebih umum pada promosi produk dan konten, namun SEM juga memiliki arti yang lebih luas dibandingkan dengan SEO.

Sedangkan SEO memiliki tujuan untuk memberikan hasil pencarian organik yang lebih baik. Sementara SEM menggunakan mesin pencari untuk mempromosikan situs web atau bisnis Anda kepada pengguna internet dan mengirimkan lebih banyak lalu lintas bertarget ke situs web Anda.

Jadi, misalnya ketika seseorang menggunakan mesin pencari untuk mencari kata kunci tertentu, maka hasil yang didapatkan dari mesin pencari organik adalah tempat layanan SEO yang dapat membantu situs Anda agar menjadi lebih terlihat. Sementara iklan berbayar, atau tautan sponsor yang ditampilkan dengan jelas di atas atau di samping hasil penelusuran organik adalah hasil dari layanan SEM.

Apakah Hal yang Membedakan di Antara Seo dan Sem?

Sebenarnya tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk dari kedua layanan ini. Masing – masing dari kedua ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang harus anda perhatikan. Keuntungan dari SEO adalah optimasi dilakukan tanpa biaya, atau gratis, kecuali jika Anda menggunakan layanan SEO.

Namun memanfaatkan SEO ini tidak akan mudah karena ada ribuan pesaing yang berebut untuk mendapatkan halaman pertama di mesin pencari seperti Google. Di sisi lain SEM pasti akan membuat halaman Anda berada di halaman pertama Google, tetapi tidak gratis dan membutuhkan biaya.

Namun bukan berarti SEM akan lebih mudah karena “pay to win” karena masih banyak perusahaan besar dengan budget besar yang akan memasang iklan di Google Adwords. Kekuatan uang juga berpengaruh besar disini, karena semakin banyak uang yang Anda keluarkan, maka semakin besar peluang Anda untuk tampil pada kata kunci yang sama.

Cara terbaik adalah dengan mengoptimalkan keduanya. Dengan SEO, Anda bisa mendapatkan calon pelanggan  dengan cepat dan secara gratis, sementara dengan SEM akan menjamin produk Anda berada di halaman pertama mesin pencari.

Karena pada akhirnya, Seo dan Sem bukanlah layanan yang saling bersaing tetapi lebih saling melengkapi. Oleh karena itu, SEO sering disebut sebagai bagian penting dari layanan SEMHal ini dapat membantu Anda jika Anda ingin melakukan atau membangun bisnis melalui media internet. Anda harus dapat memanfaatkan Seo dan Sem secara maksimal dengan berbagai keunggulan dari kedua layanan tersebut.  Tujuannya agar proses digital marketing dapat berjalan dengan lancar. Demikian pembahasan yang dapat kami jelaskan tentang hal yang membedakan antara Seo dan Sem. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.