Rekomendasi Tempat Wisata di NTT

Tempat Wisata di NTT – Walau Nusa Tenggara Timur sejauh ini sangat populer dengan Pulau Komodo-nya, tetapi propinsi yang bersebelahan langsung dengan Timor Leste ini simpan banyak tujuan rekreasi yang lain tidak kalah memikat buat dieksploitasi, lho. Terutamanya di Kupang, ibu-kota NTT tersebut.

Di Kota Kupang, Anda dapat nikmati rekreasi pantai, air terjun, gua, dan ada banyak kembali. Ingin tahu apa tujuan rekreasi di Kupang yang paling memikat? Baca artikel berikut, yok!

1. Pantai Lasiana

tempat wisata di ntt

Memiliki jarak 12 km dari pusat perkotaan Kupang, tempat wisata pantai di Kupang ini menyajikan panorama yang beri kesegaran mata karena kombinasi pasir putih dan air laut warna biru jernih.

Ditambah dengan deretan 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar, keindahan Pantai Lasiana akan makin berasa. Karena ombak yang ada tidak terlampau besar, beberapa pengunjung bisa lakukan beragam kegiatan di tempat rekreasi Kupang ini lho. Dimulai dari berenang, memancing, bermain sepak bola, atau sekadar telusuri bibir pantai.

2. Pantai Batu Nona Kupang

Pantai Batu Nona Kupang tawarkan keelokan panorama sunset yang mempesona. Memang, pengunjung dianjurkan untuk tiba ke tempat wisata di Kupang ini saat senja karena pada siang hari, cahaya matahari yang panas akan mengusik.

Seperti yang dikutip dari Infowisataid.com, ada cerita unik yang ironis dibalik pemberian nama pantai ini. Kabarnya, dulu ada seorang gadis elok yang frustasi karena putus cinta dan jatuhkan diri dari tebing pantai dengan tinggi 15 m. Jasad gadis itu tidak pernah sukses diketemukan, tetapi saat itu juga ada sebuah batu dengan tinggi 2 mtr. yang memiliki bentuk seperti seorang gadis. Batu itu pada akhirnya diberi nama Batu Nona karena masyarakat Kupang biasa panggil gadis dengan panggilan nona.

Tetapi sayang batu itu sekarang sudah lenyap tergerus ombak. Walau begitu, pemerintahan di tempat telah membuat 3 patung gadis supaya legenda warga ini masih tetap hidup. Pantai ini sebagai tempat wisata favorite Kupang untuk beberapa photografer karena beberapa hal memikat buat didokumentasikan, seperti barisan pohon lontar dan kegiatan beberapa nelayan yang pulang berlayar.

3. Pantai Nunsui

Seperti tempat wisata Pantai di Kota Kupang yang lain, Pantai Nunsui mempunyai karakter yang serupa, yakni agak miring. Pantainya yang agak miring malah sebagai daya magnet rekreasi karena saat air kering, akan terlihat banyak batu-batuan yang berantakan.

Batu-batuan yang tidak tersusun rapi ini justru menjadi object photo yang memikat. Disamping itu, pohon bakau yang tumbuh sendiri di arah rekreasi Kupang satu ini jadi pertanda spot yang cocok untuk menyaksikan panorama matahari tenggelam dengan berhiaskan kerlap-kerlip lampu di kota Kupang yang kelihatan dari kejauhan.

4. Pantai Manikin

Kekhasan tempat rekreasi di Kupang yang ini ada di saat air pantai sedang kering pada sore hari. Saat pantai kering, bersiap-siaplah untuk melihat panorama unik dari juta-an batu koral yang bersatu bongkahan batu akik yang bebas terbentang di garis Pantai Manikin sejauh tiga km ini.

Seperti beberapa pantai yang lain di Kupang, Pantai Manikin sebagai salah satunya spot terbaik untuk nikmati keelokan matahari tenggelam. Muara sungai langsung tersambung dengan pantai ini menyajikan panorama unik. Lapar menerpa? Tidak boleh cemas. Anda bisa melahap beragam kulineran seperti jagung bakar, ubi rebus dan pisang rebus yang ditawarkan masyarakat di tempat.

5. Pantai Pasir Panjang

Belum ke Kupang namanya jika belum nikmati cantiknya sunset di kota ini. Anda dapat nikmati sejuknya angin pantai didampingi suara debur ombak di Pantai Pasir Panjang. Sama sesuai namanya, tempat rekreasi terkanal di Kupang ini mempunyai bibir pantai yang lumayan panjang.

Banyak masyarakat sekitaran beraktivitas pada sore hari, seperti bermain sepak bola dengan semangat atau sekadar pilih duduk di atas pasir sekalian melihat semburat oranye dari matahari tenggelam.