Sudahkah Anda tahu perihal prosedur pemasangan pipa PVC? Pengimplementasian prosedur yang benar akan membuat pipa berfungsi secara maksimal. Sebaliknya, jika pemasangannya kurang tepat bisa mengakibatkan pipa mudah bocor atau bahkan rusak dalam waktu yang cepat. Tentunya Anda tidak menginginkan hal sedemikian ini terjadi, bukan? Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, berikut akan diuraikan prosedur cara memasang pipa yang paling pas.

  • Pilih Lem yang Tepat

Lem dalam hal ini berperan sebagai perekat pipa. Ketika dipasangkan, jika perekatnya tidak oke akan berakibat pada kebocoran pipa. Sangat disayangkan bukan apabila pipa baru saja dipasang dalam waktu dekat, tetapi sudah bocor?

Maka dari itu, pemilihan terhadap perekat yang kualitasnya terbaik sangat krusial. Agar fungsi pipa semakin optimal, sebaiknya pilihlah perekat yang kualitasnya nomor satu. Dalam artian, yang memang terbaik dan bisa diandalkan. Penggunaan lem perekat sedemikian rupa bisa membuat peluang kebocoran kian kecil. Apalagi jika dalam pengaplikasiannya dipakai prosedur paling tepat.

  • Bersihkan Permukaan Pipa

Selanjutnya, sebelum memasang pipa PVC sangat dianjurkan untuk membersihkannya terlebih dahulu. Dengan dibersihkan, maka kemungkinan kotoran ikut menempel akan kecil. Sehingga, saat dipakai tidak akan terdapat kotoran yang menyumbat pipa. Sebab, saat kotoran terlanjur ikut, maka Anda diharuskan untuk melakukan pembersihan agar saluran tidak tersumbat. Daripada bekerja dua kali, lebih baik membersihkan sebelum dipasang bukan?

  • Oleskan Lem Secara Merata

Berikutnya, yakni mengoleskan lem. Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya. Lem di sini berperan sebagai perekat. Dalam pengolesannya, diharuskan untuk merata di seluruh permukaan. Hal ini dapat meminimalisir risiko kebocoran pipa. Lem yang direkatkan pun menjadi dapat merekat sempurna. Dengan begitu, peluang rusaknya pipa karena tidak ratanya perekat menjadi semakin kecil. Pipa pun menjadi dapat digunakan secara maksimal sebagaimana fungsi yang seharusnya.

  • Sambungkan Sebelum Lem Mengering

Dalam penyambungan pipa PVC Anda harus melakukannya sebelum lem kering. Pasalnya, manakala lem sudah terlanjur kering, maka sifat kerekatannya tidak dapat maksimal. Justru malah jadi tidak bisa direkatkan. Nantinya, fungsi pipa menjadi tidak optimal. Bahkan, jika direkatkan tetapi perekatnya sudah kering dahulu, bisa menyebabkan kerusakan pada pipa.

Maka dari itu, setelah lem teroles sempurna ke seluruh bagian, jangan lupa untuk segera merekatkannya. Dengan begitu, pipa bisa berfungsi maksimal. Kebocoran pun dapat diminimalkan kemungkinannya. Selain itu, pipa pun menjadi dapat semakin tahan lama. Sehingga, bisa dipakai untuk jangka panjang tanpa harus menggantinya berkali-kali.

  • Manfaatkan Seal Tape

Agar perekatan bisa kian optimal, seal tape dapat menjadi solusinya. Pakai seal tape untuk perekatan maksimal. Yang mana manakala pipa sudah berhasil merekat, nantinya bisa digunakan seperti yang seharusnya. Karenanya, Anda dapat memfungsikannya secara optimal. Tidak ada hambatan yang mengganggu penggunaannya.

  • Ketika Pipa Bocor, Lakukan Ini

Dalam penggunaan pipa, mungkin kebocoran menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Akan tetapi, dapat diminimalisir potensi peluangnya terjadi. Saat terlanjur terjadi kebocoran, segera identifikasi di mana letak terjadinya kebocoran itu. Lalu, lepaskan pipa yang bocor itu dari sambungan. Potong dengan alat pemotong, kemudian ganti dengan pipa yang baru. Kebocoran pun menjadi dapat teratasi.

Kini, Anda sudah mengetahui bagaimana tata cara memasang pipa PVC yang benar. Dengan mengaplikasikan prosedur sebagaimana yang sudah disampaikan itu, risiko kebocoran pada pipa dapat diminimalisir. Sehingga, penggunaannya dapat memberikan fungsi yang optimal.

 

 

 

 

By sartika