Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

Para pecinta kopi, pastinya Anda sudah mengetahui kalau ada dua jenis biji kopi yang paling banyak diminati, yaitu robusta dan arabika. Meski memiliki rasa yang mirip setelah diolah, kedua kopi tersebut tetap berbeda. Nah, buat Anda yang belum tahu perbedaan antara kopi Robusta dan Arabika, simak perbedaannya di bawah ini.

Bentuk

Perbedaan paling mendasar antara robusta dan arabika adalah bentuk bijinya. Biji robusta umumnya berukuran lebih kecil dan lebih bulat. Warnanya juga lebih terang dan kerutan di tengahnya kurang terlihat. Sementara Biji arabika berbentuk lebih lonjong, lebih besar, dan memiliki lipatan tengah yang lebih kuat.

Tempat Tumbuh

Dengan karakteristik yang berbeda, kedua varietas kopi tersebut juga ditanam pada ketinggian yang berbeda. Menurut pakar kopi sangrai kopi, arabika sebaiknya ditanam lebih tinggi agar rasanya asam. Selain itu, arabika membutuhkan perhatian lebih karena lebih sensitif dan rentan terhadap penyakit.

Di sisi lain, robusta lebih tahan dan dapat ditanam di daerah yang lebih rendah, sekitar 200-800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Biji kopi tidak mudah rusak oleh serangan hama. Oleh karena itu, produksi robusta per hektar juga lebih tinggi dan membutuhkan biaya produksi yang relatif rendah.

Rasa

Arabika memiliki rasa yang lebih kaya. Jenis kopi ini memiliki rasa yang manis, asam, kecut dan agak pahit dengan rasa yang lebih seimbang. Sementara, robusta biasanya pahit. Rasanya sangat sederhana dan hanya kopi pekat. Robusta hanya memiliki aroma saja.

Biji kopi arabika juga memiliki notes yang lebih manis dan lembut; seperti gula, buah dan beri. Sementara itu, robusta memiliki profil rasa yang kuat, dengan sedikit sentuhan kacang dan notes earthy.

Kadar Kafein

Jika Anda sedang mencari kopi yang bisa langsung membuat melek, robusta menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, kandungan kafein pada kopi robusta lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika, yang membuat rasanya semakin pahit. Biji robusta mengandung 2,7% kafein, sedangkan arabika hanya mengandung 1,5% kafein.

Aroma

Perbedaan robusta dan arabika lainnya, terletak pada aromanya. Biji kopi arabika memiliki aroma floral. Sedangkan biji robusta memiliki aroma  yang lebih nutty dan earthy .

Harga

Karena proses penanaman yang lebih sulit dan panen yang lebih lama, biji kopi arabika mempunyai harga yang lebih mahal, jika dibandingkan dengan biji robusta. Sebagai perbandingan, harga kopi arabika mungkin 2-3 kali lebih mahal dari robusta. Sebagian besar kopi arabika juga merupakan kopi spesial berkualitas tinggi.

Sedangkan biji robusta lebih sering diproduksi dalam bentuk kopi instan karena kandungan kafeinnya yang tinggi dan cocok dikonsumsi saat Anda membutuhkan penambah energi yang cepat.

Seperti itulah enam perbedaan mendasar dari biji kopi robusta dan arabika yang perlu Anda ketahui sebagai penikmat kopi. Satu hal yang paling mudah untuk membedakan keduanya adalah rasanya. Sebab, rasa kopi arabika sedikit masam, berbeda dengan robusta yang hanya menampilkan rasa pahit yang dominan.

By hary