Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tujuan Kekuatan Otot Lengan

Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tujuan Kekuatan Otot Lengan 

 

Konsep Kekuatan Otot Lengan

Kekuatan merupakan elemen penting dalam tubuh manusia, seperti yang dikemukakan oleh Rusli Lutan et al. (2000: 66) didirikan. Kekuatan merupakan komponen yang sangat penting dalam meningkatkan kondisi fisik umum seseorang. Menurut Nurhasan (2005: 3), di sisi lain, kekuatan adalah kemampuan sekelompok otot untuk menahan tegangan maksimum. Secara sederhana, kekuasaan dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memberikan tekanan pada kekuasaan. Suharno (1981: 14) juga percaya bahwa kekuatan adalah kemampuan otot untuk mengatasi tahanan atau ketegangan saat melakukan aktivitas.

Pengertian Kekuatan Menurut Para Ahli

Menurut Rusli Lutan dkk (2000:66) kekuatan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: kekuatan maksimum, kekuatan elastik dan kekuatan daya tahan.

  • Gaya maksimum adalah gaya atau gaya terbesar yang dihasilkan oleh otot yang berkontraksi tanpa menentukan seberapa cepat suatu gerakan dilakukan atau berapa lama gerakan tersebut dapat berlangsung.
  • Gaya elastis adalah jenis gaya yang sangat diperlukan yang dapat membuat otot bergerak cepat melawan tahanan.
  • Kombinasi kontraksi dan kecepatan gerakan disebut gaya.
  • Daya tahan kekuatan adalah kemampuan otot untuk menggunakan kekuatan secara terus menerus meskipun kelelahan meningkat. Kekuatan daya tahan adalah kombinasi dari kekuatan dan durasi gerakan.

Jenis – Jenis Kekuatan

Menurut Djoko Pekik Irianto (2002: 66-67), kekuasaan kini terbagi menjadi berbagai jenis.

  • Gaya umum (general force): gaya yang berhubungan dengan seluruh otot.
  • Specific strength (kekuatan spesifik) : kekuatan otot tertentu yang diperlukan untuk gerakan utama suatu olahraga.
  • Explosive strength/power: kemampuan suatu otot atau kelompok otot untuk mengatasi resistensi dengan gerakan cepat seperti melompat, melempar, menyerang.
  • Kekuatan daya tahan: kemampuan otot untuk mengatasi resistensi dalam jangka waktu yang lama.
  • Gaya maksimum (maximum force): kemampuan otot untuk berkontraksi secara maksimal untuk menahan dan menggerakkan beban maksimum, atau dengan kata lain kekuatan terbesar yang diciptakan otot untuk berkontraksi.
  • Daya mutlak (absolute power): kemampuan seseorang untuk mengerahkan tenaga maksimal tanpa mempedulikan berat badan.\
  • Kekuatan relatif (relative strength): perbandingan beban yang dapat diangkat dengan berat badan.

Hampir setiap kegiatan teknik dalam bola voli membutuhkan tenaga. Servis membutuhkan tenaga untuk memukul bola, top pass membutuhkan tenaga untuk memukul bola, smash membutuhkan tenaga plus kecepatan (force) untuk memukul bola, yaitu

Tentang kekuatan otot Menurut Len Kravitz (2001:6), kekuatan otot adalah kemampuan otot untuk menggunakan tenaga maksimal untuk mengangkat beban. Menurut Djoko Pekik Irianto (2002:66), kekuatan otot dapat diartikan sebagai kemampuan suatu otot atau kelompok otot untuk mengatasi resistensi. Menurut Harsono (1988:176), kekuatan otot lengan adalah kemampuan otot lengan untuk menimbulkan ketegangan dan mengangkat beban pada seorang narapidana. Dengan lebih banyak otot, tubuh manusia dapat melakukan aktivitasnya dengan baik tanpa kelelahan yang berarti.

Kekuatan otot dengan demikian merupakan bagian dari kondisi fisik seseorang yang dihasilkan oleh otot atau kelompok otot yang menggunakan tubuh untuk melawan resistensi atau ketegangan selama aktivitas tertentu dan melindungi tubuh dari cedera. Dalam olahraga, kekuatan otot merupakan salah satu komponen dasar biomotor yang dibutuhkan hampir di setiap cabang olahraga. Untuk mencapai kinerja yang maksimal, seseorang harus memiliki beberapa faktor penting yang dapat membantu untuk mencapai kinerja yang maksimal. Kekuatan otot merupakan salah satu andalan bagi seseorang untuk mencapai kinerja yang maksimal. Dalam olahraga yang menekankan pada otot lengan, seperti bola voli, kekuatan otot lengan sangat penting, karena dalam permainan bola voli diperlukan teknik dasar seperti servis, passing, break dan lain-lain. Maka tidak mungkin seorang pemain bola voli mengalahkan dirinya sendiri tanpa menggunakan kekuatan otot lengannya.

 

Manfaat Kekuatan Otot Lengan

Menurut Harsono (1988:176), kekuatan otot lengan adalah kemampuan otot lengan untuk menimbulkan ketegangan dan mengangkat beban pada seorang narapidana. Menurut Len Kravitz (2001:6), kekuatan otot adalah kemampuan otot untuk menggunakan tenaga maksimal untuk mengangkat beban. Otot yang kuat dapat melindungi persendian di sekitarnya dari aktivitas fisik. Kekuatan otot lengan diperlukan untuk mengontrol kekerasan pukulan atau jarak servis agar bola dapat dikirim ke lapangan yang diinginkan. Semakin kuat lengan benturan, semakin mudah kekerasan benturan atau menurut

Kekuatan otot adalah bagian dari kondisi fisik seseorang yang dihasilkan oleh otot atau sekelompok otot yang digunakan tubuh, dan selama aktivitas tertentu melawan resistensi atau ketegangan dan melindungi tubuh dari cedera. Dalam olahraga, kekuatan otot merupakan salah satu komponen dasar biomotor yang dibutuhkan hampir di setiap cabang olahraga. Untuk mencapai kinerja yang maksimal, seseorang harus memiliki beberapa faktor penting yang dapat membantu untuk mencapai kinerja yang maksimal. Kekuatan otot merupakan salah satu andalan bagi seseorang untuk mencapai kinerja yang maksimal. Dalam olahraga yang menekankan pada otot lengan, seperti bola voli, kekuatan otot lengan sangat penting, karena dalam permainan bola voli diperlukan teknik dasar seperti servis, passing, break dan lain-lain. Oleh karena itu, mustahil seorang pemain bola voli dapat tampil tanpa kekuatan otot lengannya.

Tujuan Kekuatan Otot Lengan

Dalam hal kekuatan, Harsono (1988: 177) menjelaskan bahwa ‘kekuatan’ dapat digunakan untuk meningkatkan kondisi fisik secara umum, karena kekuatan adalah kekuatan pendorong di balik setiap aktivitas fisik dan berperan penting dalam melindungi atlet dari kemungkinan cedera. Berdasarkan kegunaannya pati dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Kekuatan maksimum adalah kemampuan untuk mengkontraksikan otot secara maksimal dan menahan atau menahan beban yang maksimal.
  • Daya ledak adalah kemampuan otot atau sekelompok otot untuk mengatasi hambatan pada kecepatan tinggi dalam satu gerakan penuh.
  • Daya tahan kekuatan adalah kemampuan permanen kekuatan otot untuk menahan tahanan intensitas tinggi.

Sumber Rangkuman Terlengkap : KelasPJOK.Com