Penajam Paser Utara, Cantiknya Rekreasi di Ibu Kota Baru Indonesia

Penajam Paser Utara, Presiden Jokowi telah umumkan kepindahnya ibukota Indonesia. Tidak lagi Jakarta, nanti pemerintah akan terpusat di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Rupanya, kabupaten yang berdekatan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara ini baru tercipta pada 2002. Tetapi, kekuatan wilayah ini benar-benar dianggap oleh beberapa orang, terhitung petinggi pemerintahan.

Kekuatan itu bukan hanya hanya pada kesempatan jadi ibukota baru. Penajam Paser Utara mempunyai bermacam tujuan rekreasi menarik. Nach, karena itu saat sebelum wilayah ini ditempati beberapa gedung pemerintahan, seharusnya kamu ketahui beberapa tempat rekreasi yang harus didatangi.

1. Niagara Tembinus

Nama Niagara tentu mengingati pada salah satunya air terjun paling tinggi di dunia. Karena itu, tempat wisata ini berbentuk air terjun. Untuk yang suka dengan kegiatan hebat dan aktivitas yang cukup melawan Niagara atau Air Terjun Tembinus ialah opsi tepat. Tujuan ini ada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Akses ke arah air terjun cukup memerlukan waktu lama dari pusat perkotaan, karena lokasinya relatif jauh. Minimal diperlukan sekitaran 3 jam untuk mencapai lokasinya. Tetapi, perjuangan itu akan terbayarkan habis saat datang di Niagara Tembinas. Situasi tenang akan demikian berasa karena tempatnya ada jauh dari hiruk pikuk keramaian perkotaan.

2. Ekowisata Mangrove Penajam

Teritori ini ada di Kelurahan Daerah Baru, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara. Sebagai tempat ekowisata mangrove, tentu saja tempat ini lebih banyak banyak pohon bakau. Panorama hijau akan beri kesegaran penglihatan sepanjang berkeliling-keliling. Tidak cuman floranya, pengunjung bisa juga berhubungan dengan hewan yang menempati komunitas mangrove. Kelebihan situs ekowisata ini ialah spot favorite untuk berfoto narsis, persisnya jembatan yang melingkari rimba bakau. Tidak itu saja, kamu juga tak perlu terbeban pada harga ticket masuk atau cuma-cuma.

baca : 20 Liburan Murah di Bandung yang Mesti Disinggahi

3. Penangkaran Rusa Penajam

Selainnya situs mangrove, ada juga ekowisata lain di Penajam Paser Utara. Teritori itu ialah Penangkaran Rusa Penajam yang mempunyai koleksi beberapa ratus anak rusa beragam tipe. Salah satunya ialah tipe Rusa Sikat (Cervus Unicolor Brokei) dan Rusa Timor (Cervus Timorensis). Tidak kurang dari 200 ekor rusa menempati penangkaran dengan pengelompokan beberapa puluh rusa di setiap kandangnya.

Situs pelestarian ini berada di Jalan Propinsi KM 32, Dusun Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Saat masuk ke tempat wisata ini, pengunjung penangkaran akan diberi akses untuk berhubungan langsung dengan rusa. Untuk mengaksesnya juga, tak perlu mengambil kantong terlampau dalam. Cukup Rp20.000 saat weekdays dan Rp50.000 saat akhir pekan. Murah, kan?

4. Goa Besiang

Beberapa wilayah di Penajam Paser Utara mempunyai karakter dengan wilayah kapur. Satu diantaranya sebagai gua yang namanya Goa Besiang. Gua ini ada di Dusun Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kekhasan gua berada pada stalaktit dan stalagmitnya yang mempunyai wujud ciri khas. Salah satunya ialah mempunyai wujud seakan pocong dengan kepala di bawah hingga terlihat kebalik.

Seperti biasanya goa di wilayah kapur, dalam gua ini ada stalaktit dan stalagmit. Tetapi ada yang unik dengan stalagmit di goa Besiang, yaitu memiliki bentuk seperti pocong bergantung, dengan kepala di bawah . Maka untuk yang hoby dengan rintangan dapat meluangkan waktu untuk menelusuri gua ini. Pengunjung juga dapat melihat kelelawar pas disekitaran mulut gua. Lokasinya yang cukup terasing jadikan gua kurang tersentuh oleh tangan manusia . Maka tempat rekreasi ini masih simpan keelokan alami yang menarik.

baca : Cerita Pulau Onsrut Sebagai Pulau Tersibuk di Kepulauan Seribu

5. Pulau Gusung

Rekreasi bahari juga tidak ketinggal dari Penajam Paser Utara. Antara sebagai favorite pelancong ialah Pulau Gusung. Teritori ini simpan keelokan bawah laut yang benar-benar memesona. Daya tariknya tidak kalah atas pemandangan bawah laut Labuan Bajo, Bunaken, Banda, sampai Raja Ampat. Masalahnya, penyelam dapat mendapati 56 tipe karang sangat jarang yang jarang-jarang dijumpai pada tempat lain. Bahkan juga, 80 % dari spesies karangnya dengan status sangat jarang. Selainnya karangnya, ikan di perairan Pulau Gusung juga sebagai ikan sangat jarang dan diproteksi, yakni ikan napoleon. Keseluruhan spesies ikannya capai 47 tipe. Benar-benar bermacam, kan?

6. Pantai Tanjung Jumlai

Sebagai tempat rekreasi yang belum terekspose dari pelancong, Pantai Tanjung Jumlai sebagai jawaban untuk pencinta ketenangan. Pengunjung akan nikmati ketersendirian dan rileksasi di tepi pantai sambil dengarkan deburan ombak berkejaran. Bertandang kesini, janganlah lupa untuk jaga kebersihan supaya cantiknya pantai masih tetap tahan lama. Tentu akan kerasan dech dengan kebersihan dan bermacam kegiatan yang dapat dilaksanakan. Dimulai dari bermain pasir, berenang, snorkeling, dan menyelam dapat dilakonkan di pantai dengan ombak yang tidak demikian besar.

7. Pantai Nipah-nipah

Teritori rekreasi di Kabupaten Penajam Paser Utara ini jangan ketinggal dari itinerary. Lokasinya tidak sangat jauh dari pusat perkotaan di Kelurahan Nipah-nipah, Kecamatan Penajam. Sekitaran tujuh km berkendaraan, pengunjung dapat habiskan waktu berlibur dengan hebat di pantai favorite ini. Tiba di saat-saat tertentu ialah hal yang penting diperhitungkan. Masalahnya, pemerintahan Penajam Paser Utara sering melangsungkan perayaan besar di Pantai Nipah-nipah. Situasinya pasti ramai dan bisa menjadi masa lalu manis.

8. Pantai Sipakario

Mempunyai garis pantai yang panjang, Kabupaten Penajam Paser Utara memang diberkahi dengan beberapa pantai yang harus didatangi. Terhitung Pantai Sipakario yang ada di Jalan Coastal Road, Dusun Nipah-nipah. Dua highlight di pantai ini ialah pasir putih dan panorama matahari senja . Maka seharusnya kamu bertandang pada petang hari hingga dapat memijakkan kaki di atas pasir halusnya sambil melihat daya tarik mentari tenggelam. Spot ini juga menjadi latar photo instagramable. Untuk masuk ke teritori pantai, harga demikian dapat dijangkau, cukup bayar Rp2.000 saja dan cicipilah Pantai Sipakario dengan bebas.

baca juga : pulau kelapa jakarta resort

9. Taman Bunga Rozeline

Teritori rekreasi ini ada di dekat Kantor Bupati Penajam Paser Utara hingga gampang dijangkau untuk pelancong. Taman bunga ini simpan bermacam koleksi bunga yang cantik dan harum merebak. Disamping itu ada juga pohon-pohonan teduh dan danau yang menambahkan kesejukan taman. Taman bermain juga disiapkan dan menjadi opsi sarana untuk anak-anak. Capek bermain, pengunjung juga dapat santai di gazebo dengan keluarga atau rekan-rekan. Janganlah lupa untuk bawa camera atau ponsel agar dapat mendokumentasikan peristiwa di taman bunganya, ya.

10 Taman Bunga Rozeline

Tidak sabar untuk berencana berlibur ke calon ibukota baru Indonesia ini? Pertama, selekasnya reservasi pesawat murah lewat daftartour.co.id ke arah Lapangan terbang Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan. Atau kamu bisa juga landing di Lapangan terbang Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Kota Samarinda. Kemudian, teruskan perjalanan darat dengan sewa jasa persewaan mobil di daftartour.co.id , dech. Kece, kan? Semua keperluan sepanjang berlibur dapat kamu peroleh di daftartour.co.id.