Di balik citranya sebagai penduduk negara maju dan disiplin, orang Jepang ternyata tetap percaya dengan mitos-mitos tradisional yang (beberapa di antaranya) bahkan tak masuk akal serupa sekali pasti sudah paham kalau lama tinggal di jepang atau kerja di Jepang. Nggak percaya? Ini buktinya!

1. Tidur Menghadap Utara = Sial
Orang Jepang percaya kecuali tidur menghadap utara dapat mendatangkan kesialan. Hal ini sebab utara sama dengan pembaringan jenazah prosesi pemakaman. Jadi, tidur menghadap ke arah tersebut dianggap tabu untuk orang yang tetap hidup.

2. Menginjak Ujung Tatami? Bersiaplah Menghadapi Kesialan
Tatami adalah tikar khas Jepang yang dibuat berasal dari tenunan jerami dan dipasang sebagai penutup lantai di rumah-rumah/bangunan di Negeri Sakura sana. Nah, anggota ujung tikar biasanya dibungkus dan dihias dengan bahan yang melambangkan keluarga si pemilik rumah. Orang Jepang percaya banget kecuali menginjak ujung tatami adalah wujud ketidakhormatan terhadap leluhur dan bakal mendatangkan kesialan. Jadi, pastikan untuk tetap berjalan di anggota tengah sementara melewati lantai yang bertatami, ya!

3. Larangan Bersiul terhadap Malam Hari
Selalu tersedia perihal unik di Jepang yang membuat geleng-geleng kepala. Mitos aneh lain yang tetap dipercaya warga sana adalah bersiul terhadap malam hari bakal mendatangkan marabahaya, entah itu berwujud pencurian, ular, sampai yang sifatnya tak kasatmata layaknya hantu.

Menurut cerita, mitos ini diyakini tersedia akibat normalitas pencuri dan perampok di jaman silam yang mengfungsikan siulan sebagai alat berkomunikasi.
4. Kalau Ada Kucing Cuci Muka, artinya Besok Hujan
Salah satu mitos paling tenar di Jepang adalah: kecuali anda memandang kucing mencuci/membenamkan mukanya ke air, artinya besok bakal hujan! Belum tersedia bukti sains yang kuat untuk membantu hipotesis ini, sih, namun orang Jepang percaya banget serupa mitos kuno yang satu ini.

5. Larangan Beres-Beres di Tahun Baru
Tahun baru merupakan moment sakral bagi penduduk Jepang. Di hari istimewa ini, dewa-dewi di dalam ajaran Shinto bakal datang ke rumah-rumah warga. Jadi, beres-beres rumah tepat th. baru artinya anda mengusir kehadiran mereka berasal dari rumah sampai th. depan. Wah, nggak bakal dapat berkat selama setahun dong, ya?

6. Jangan Menjemur Pakaian terhadap Malam Hari
Orang Jepang percaya kecuali menggantung baju dan menjemurnya di luar rumah terhadap malam hari bakal memancing kehadiran hantu. Kamu senang mengfungsikan baju berhantu? Hiiiā€¦ seram!

Selain keenam perihal di atas, memang tetap banyak mitos dan takhayul super aneh yang tetap dipercaya banget serupa penduduk Jepang sampai sekarang. Nah, kecuali anda sendiri percaya nggak nih?