Mengolah Limbah Jadi Berkah Bersama Nestle, Memberikan Banyak Manfaat

Bersama dengan Nestle, bisa mengolah limbah jadi berkah. Seperti yang sudah kita ketahui, jumlah penduduk yang semakin meningkat dan sumber daya alam yang semakin menipis memang mengharuskan masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan baik. Dengan menjaga lingkungan dengan baik itulah, maka akan memberikan manfaat keberlanjutan bagi generasi mendatang.

Seperti yang sudah diketahui, menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat memang menjadi salah satu cara yang harus dilakukan. Hal tersebut agar generasi yang akan datang bisa menikmati hidup dengan lingkungan yang sehat dan hijau. Terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan tersebut.

Mengolah Limbah Jadi Berkah Bersama Nestle

Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah melalui program BIRU. Apa itu program Biru? Ini adalah sebuah program bantuan bagi para peternak sapi untuk mengubah limbah kotoran sampai menjadi sumber energy dengan memanfaatkan unit bio gas.

Unit biogas itulah dapat mengolah kotoran sapi menjadi gas metana. Nantinya, gas metana tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan memasak maupun penerangan di rumah. Sebelum mengetahui adanya teknologi biogas, para peternak sapi perah ternyata menggunakan kayu bakar, membeli gas atau minyak tanah untuk memenuhi kebutuhan memasak atau digunakan sebagai penerangan di rumah.

Tetapi sayangnya, penggunaan kayu bakar ternyata dapat menimbulkan asap sehingga bisa mengganggu kesehatan pernapasan. Sedangkan harga gas ataupun minyak tanah relative mahal sehingga para peternak harus mengeluarkan uang lebih.

Itulah mengapa mengolah limbah jadi berkah melalui teknologi biogas bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi dampak polusi udara akibat kayu bakar ataupun mengurangi biaya pengeluaran buat membeli minyak tanah.

Cara Kerja Teknologi Biogas Untuk Mengolah Kotoran Sapi

Nantinya teknologi biogas tersebut akan membakar dengan sempurna kotoran sapi sehingga bisa menghasilkan kandungan metana. Kandungan ini tidak hanya ramah terdapat lingkungan tetapi juga dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan keluarga para peternak.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena berkat teknologi tersebut limbah kotoran sapi tidak lagi dibuang ke tanah atau sungai begitu saja. Karena akan digunakan kembali untuk diolah menjadi energy yang sangat berguna. Dengan begini, ternyata juga akan membuat lingkungan di sekitar kandang sapi juga akan lebih bersih.

Secara tidak langsung penggunaan unit biogas tersebut juga akan memungkinkan para peternak buat menghemat biaya sehari-hari. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena mereka tidak harus membeli gas ataupun minyak tanah.

Mengolah limbah kotoran sapi memang harus dilakukan dengan baik dan benar. Hal tersebut agar kotoran tersebut tidak membawa dampak negatif pada lingkungan. Dengan mengolah limbah jadi berkah bersama Nestle maka akan memberikan banyak manfaat.

Tentunya dengan pengolahan limbah yang tepat akan membuat daerah sekitar menjadi lebih segar dan tidak menjadikan sarang polusi serta penyakit yang akan ditemukan dikemudian hari nanti.

By hary