Perusahaan Daerah Air Minum atau yang sering disingkat dan yang dikenal bersama PDAM merupakan bidang bisnis yang bergerak di pendistribusian air bersih bagi masyarakat umum. Kini masyarakat sudah banyak yang gunakan air PDAM, kemungkinan anda juga juga tidak benar satu penggunanya.

Penggunaan air PDAM ini memang tidak gratis dengan sebutan lain ada biaya yang wajib dikeluarkan setiap bulannya. Nah maka dari itu gunakanlah water meter br  supaya Tagihan biaya PDAM setiap bulannya pun dapat diketahui disetiap bulannya.

Semakin banyak pemanfaatan air maka makin lama besar pula biaya yang wajib dikeluarkan. Begitu pula sebaliknya, kalau pemanfaatan air sedikit maka biayanya pun kecil.

Seperti sudah disebutkan diatas, pemanfaatan air PDAM ini dapat berpengaruh terhadap tagihan air bulanan. Menghemat air PDAM serupa bersama menghemat tagihan air PDAM juga. Nah, kali ini Bacaterus dapat mengkaji tentang tips untuk menghemat air PDAM sehingga tagihannya tidak membengkak.

Berikut 5 langkah yang patut anda cobalah untuk menghemat air PDAM .

1. Mengatur Penggunaan Air

Pengaturan pemanfaatan air dirumah memang terlalu mutlak dikarenakan kalau anda tidak bijak gunakan air bisa-bisa nanti tagihanmu membengkak. Jika anda memiliki anggota keluarga yang banyak, sudah tentu pemanfaatan air pun dapat banyak. Maka dari itu anda wajib menyesuaikan pemanfaatan airnya seperti sebagian langkah di bawah ini .

Mandi

Kebiasaan banyak orang tanpa menyadari sering berlama-lama di kamar mandi, tanpa menyadari sudah gunakan air banyak dan terbuang begitu saja. Apalagi kalau anda hobi menyanyi di kamar mandi cobalah persingkat kala mandimu untuk menjauhi air yang terbuang tanpa menyadari dan jadi sia-sia.

Biasanya orang yang mandi gunakan gayung dan air sudah ada di bak penampungan air atau ember dapat lebih mencermati air yang digunakan. Jika anda mandi gunakan shower, lebih baik matikan shower kalau tengah tidak digunakan. Kemudian nyalakan ulang shower kalau memang dapat digunakan untuk mencuci tubuh, dan gunakanlah secukupnya saja. Gunakanlah shower irit air juga ya untuk menghemat air.

Mencuci Piring

Gunakanlah keran irit air untuk membasuh piring sehingga air yang keluar dapat menghemat kira-kira 30% – 50% dikarenakan debit air yang keluar dari keran selanjutnya lebih efisien dan deras. Keran type ini sudah banyak dijual di toko-toko perkakas baik offline maupun online. Selain itu matikanlah keran wastafel pencucian kalau tidak digunakan.

Atau pernahkah anda lihat seorang pedagang kaki lima contoh baso, baso menyadari atau batagor dan lain sebagainya yang gunakan ember untuk membasuh piring atau mangkuk? Nah, dapat juga anda membasuh piring bersama langkah seperti itu, dikarenakan membasuh piring gunakan dua wadah dapat menghemat pemanfaatan air.

 

Mencuci Kendaraan

Sama halnya bersama memandikan hewan peliharaan, ada baiknya anda membasuh kendaraanmu di taman rumah sehingga airnya dapat digunakan untuk menyiram tanaman juga. Untuk pemanfaatan airnya lebih baik anda gunakan ember sehingga dapat mengirit pemanfaatan air.

Namun kalau anda gunakan selang air sebaiknya anda gunakan pressure washer untuk menghemat pemanfaatan air. Biasanya selang ini digunakan juga di daerah jasa pencucian kendaraan. Karena diyakini bersama gunakan selang selanjutnya dapat menghemat pemanfaatan air.

By toha