Mengetahui Lebih Dalam Tentang Jasa

Mengetahui Lebih Dalam Tentang Jasa

Sekarang ini ada beberapa jasa yang bergerak di dalam dunia ini ,dengan adanya jasa itu sangat membantu kita . Jasa sekarang ini banyak digunakan untuk membantu beberapa aktivitas atau kerjaan yang saat kita lakukan tidak bisa ,misalnya saja membangun rumah,membenarkan listrik dan masih banyak lagi .Namun apakah kalian sudah mengetahui apa itu jasa ? nah buat kalian yang belum tahu kalian harus simak dan baca penjelasan berikut ini :

A.Pengertian Jasa

Secara umum, pengertian jasa adalah suatu aktivitas atau tindakan yang tidak berwujud, tidak dapat diraba tetapi dapat diidentifikasi, yang direncanakan dan dilaksanakan untuk memenuhi permintaan dan kepuasan konsumen. Nah untuk Arti lain dari jasa adalah suatu kegiatan ekonomi yang melibatkan adanya berbagai interaksi dengan konsumen atau dengan berbagai barang milik, namun tidak terjadi kegiatan pindah kepemilikan.

B.Ciri Ciri Jasa

Suatu produk berbentuk jasa memiliki karakteristik dan ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan produk lainnya. Menurut Adrian Payne, adapun karakteristik dan ciri-ciri jasa adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Memiliki Wujud (Intangibility)

Ciri-ciri jasa yang paling utama adalah tidak memiliki wujud (intangible). Dengan kata lain, produk berbentuk jasa sifatnya abstark karena tidak dapat dilihat, dirasakan, atau disentuh seperti halnya pada suatu barang fisik.

  1. Berubah-Ubah (Variability)

Jasa merupakan suatu unjuk kerja dan bersifat heterogenitas.  Selain itu, jasa sangat mudah berubah-ubah, tergantung pada siapa, kapan, dan di mana suatu jasa dikerjakan. Itulah sebabnya mengapa tidak ada hasil jasa yang persis sama meskipun dilakukan oleh satu orang.

  1. Tidak Dapat Dipisahkan (Inseparability)

Pada umumnya produk berbentuk jasa dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan, dengan partisipasi konsumen pada prosesnya. Dengan kata lain, konsumen harus ada pada tempat jasa yang diminta serta melihat atau ikut ambil bagiaan dari aktivitas jasa tersebut.

  1. Mudah Lenyap (Perishability)

Produk jasa tidak dapat disimpan, dijual kembali, atau dikembalikan kepada produsen jasa dimana seseorang membelinya. Dengan begitu, maka jasa merupakan suatu produk yang mudah lenyap atau tidak bisa bertahan lama.

C.Jenis Jenis Jasa

Pada dasarnya ada banyak sekali bentuk jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, secara garis besar jenis-jenis jasa dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

1.Jasa Perawatan Pribadi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; pijat, perawatan kecantikan, salon, binatu pakaian, dan lain-lain.

2.Jasa Perumahan, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; kamar hotel, apartment, rumah tinggal, kost, dan lainnya.

3.Jasa Komunikasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; telepon, telegram, komputer, internet.

4.Jasa Usaha Rumah Tangga, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; jasa tukang kebun, air minum, perbaikan rumah, dan lain-lain.

5.Jasa Transportasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; taxi, jasa pengiriman barang, jasa angkut barang, penyewaan mobil.

6.Jasa Rekreasi dan Hiburan, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini antara lain; kebun binatang, taman bunga, tempat wisata, tempat hiburan, dan lain-lain.

7.Jasa Bisnis dan Profesi lainnya, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; jasa hukum, jasa akuntan, jasa pemasaran, dan lainnya.

8.Jasa Asuransi, Bank dan Finansial, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; perpajakan, asuransi, perbankan, kredit.

9.Jasa Online ,Selain Offline jasa juga ada yang online,karena zaman sekarang ini hampir semuanya menggunakan online .Contoh Jasa online : Jasa design grafis ,Jasa Aqiqah ,dan masih banyak lagi.

D.Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa

1.Pemasaran Eksternal (External Marketing)

Strategi pemasaran seperti ini dikenal dengan sebutan 4P atau product, price, promotion dan place.

2 Pemasaran Internal (Internal Marketing)

Pemasaran jasa pada jenis ini tidak hanya sekedar pemasaran eksternal 4P saja, namun juga harus diiringi dengan adanya peningkatan kualitas ataupun keterampilan pada personil yang ada di dalam perusahaan.

Selain itu, diperlukan juga kekompakan ataupun suatu tim yang tangguh dari personil yang terdapat di dalam perusahaan, terutama dalam hal menghadapi pelanggan, sehingga akan memberikan kesan yang meyakinkan.

3.Pemasaran Interaktif (Interaktif Marketing)

Kepuasan pelanggan tidak hanya berada pada mutu jasa saja, namun juga harus bisa digabungkan dengan peningkatan kualitas layanan agar bisa semakin meyakinkan pelanggan.

 

Demikian penjelasan untuk lebih dalam dalam mengetahui tentang apa itu jasa ,semoga bermanfaat untuk kalian  .