Mengenal 7 Komponen Penting dari Mesin Espresso

Tak semua orang mahir membuat minuman kopi yang enak. Selain dibutuhkan bekal pengetahuan yang cukup soal kopi, Anda juga membutuhkan mesin yang tepat. Mesin espresso menjadi salah satu alat penting yang akan membantu Anda menghasilkan kopi enak. Agar bisa menggunakannya dengan baik maka Anda perlu berkenalan lebih dekat dengan alat ini.

Komponen Mesin Kopi

Sebuah mesin memiliki komponen atau bagian-bagian yang bekerja sesuai tugas masing-masing. Supaya bisa mengoperasikan mesin kopi ini dengan baik, maka perlu dipahami dulu bagian-bagian tersebut. Berikut adalah beberapa komponen penting mesin pembuat kopi espresso.

1.     Group Head

Komponen penting pertama yang perlu Anda pahami dari mesin kopi espresso adalah group head. Bagian ini adalah tempat bubuk kopi diekstraksi menggunakan tekanan tinggi. Di bagian bawah group head terdapat sekat yang terbuat dari karet. Sekat ini berfungsi menutup group head agar tidak ada tekanan yang keluar.

2.     Portafilter

Bagian berikutnya yang perlu Anda tahu adalah portafilter. Ini merupakan wadah yang dipakai untuk menampung bubuk kopi untuk diekstrak melalui mesin. Portafilter terdiri dari tiga bagian yaitu handle, basket, dan spouts. Bagian ini harus memiliki suhu yang tepat untuk mendapat hasil ekstraksi terbaik. Jadi, pastikan untuk tidak melepaskan portafilter dari group head dalam waktu yang panjang.

3.     Tamper

Bubuk kopi yang ditampung di portafilter perlu dipadatkan terlebih dahulu sebelum diekstraksi. Pemadatan bubuk kopi ini bisa dilakukan dengan memakai tamper. Penggunaannya sangat mudah yaitu cukup ditekan dengan menggunakan telapak tangan.

4.     Knockbox

Komponen penting lainnya dari mesin espresso adalah knockbox. Knockbox merupakan wadah tempat menampung ampas kopi setelah proses ekstraksi selesai. Ampas kopi di dalam knockbox ini sebaiknya segera dibuang agar tidak menimbulkan noda.

5.     Extraction Switch

Bagian ini berwujud tombol yang digunakan untuk memulai sekaligus menghentikan proses ekstraksi kopi. Tombol ini hanya perlu ditekan pada tipe mesin kopi semi otomatis. Jika mesin kopinya sudah otomatis, maka tombol akan otomatis mati yang menandakan proses ekstraksi telah selesai.

6.     Steam Wand

Selanjutnya ada bagian steam wand yang berupa tangki. Tangki ini akan mengeluarkan uap untuk proses frothing atau pembuihan susu. Anda harus hati-hati dengan komponen yang satu ini karena steam wand merupakan bagian terpanas dari mesin kopi.

7.     Drip Tray

Bagian ini berbentuk wadah yang tugasnya adalah menampung tetesan air saat proses ekstraksi berlangsung. Wadah ini juga akan menampung ampas kopi maupun serbuk kopi yang berceceran. Keberadaan drip tray ini jelas sangat membantu menjaga lingkungan sekitar mesin kopi tetap bersih.

Itulah bagian-bagian penting dari mesin espresso yang sebaiknya Anda ketahui. Setiap bagian akan menjalankan fungsinya masing-masing. Pastikan Anda memahami fungsi setiap komponen dan mengoperasikannya sesuai petunjuk yang ada. Perawatan yang tepat juga harus dilakukan untuk membuat mesin kopi awet digunakan.

By hary