Mengenal 6 Jenis Seni dan Budaya Bali yang Wajib Diketahui

Kesenian Bali – Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki berbagai macam objek wisata juga kesenian dan budaya yang cukup menarik untuk di ketahui. Apakah kamu sudah mengetahui apa saja sih kesenian yang ada di pulau dengan daya tarik wisatawan tertinggi ini ? Jika belum mari kita bahas mengenai seni dan budaya Bali.

Mungkin beberapa dari kamu hanya mengetahui beberapa kesenian dari Bali seperti tari kecak dan tari barong saja ya namun selain dua kesenian yang cukup popular itu pulau Dewata Bali juga masih memiliki beberapa kesenian yang menarik lainnya loh

6 Jenis Seni dan Budaya Bali yang harus kamu tahu!

1. Drama Gong

Drama gong merupakan salah satu kesenian menarik dari Bali drama gong biasanya di tampilkan hanya pada upacara special atau har-hari tertentu saja. Drama gong sendiri merupakan sebuah pertunjukan yang mengambil kisah cinta, kisah heroik dan lainnya dari Bali dengan di iringi suara gong atau gamelan.

2. Bondres

Kesenian Bali yang kedua adalah Bondres kesenian ini sebenarnya hamper mirip dengan opera yang menjadi pembedanya adalah pelakon atau pemain Bondres menggunakan kostum tertentu dengan make up lucu di wajahnya. Selain itu Bondres biasanya juga menceritakan kisah komedi yang akan membuat kamu tertawa.

3. Wayang Kulit Bali

Kesenian Bali yang ketiga adalah wayang kulit Bali, kesenian wayang kulit memang banyak di jumpai di beberapa wilayah tanah air termasuk juga Bali namun yang membedakan adalah kesenian wayang kulit dari Bali biasanya akan membawakan dua lakon saja jika tidak lakon lawakan ya pasti lakon spiritual yang sangat sacral bagi umat Hindu di Bali. Selain itu juga kesenian wayang kulit Bali biasanya di iringi musik tradisonal Bali hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri

4. Tari Legong

Kesenian dari Bali yang ke empat adalah Tari Legong yang biasanya bercerita mengenai kisah cinta dari Raja Lasem. Penari tari legong juga meggunakan kostum menarik selain itu juga penari dari tari legong ini memiliki gerakan luwes dan dinamis yang membuat tari legong banyak di gemari. Tari legong sendiri sebenarnya sudah ada sejak abad ke-19 lalu.

5. Arja

Hampir sama dengan Bondres, Arja juga merupakan salah satu kesenian dari Bali yang mirp dengan opera. Perbedaan dari kesenian Arja dan Bondres terletak pada lakon yang di bawakan jika Bondres memiliki dua tema lakon yaitu komedi dan spiritual sementara kesenian Arja adalah pertunjukan opera dengan lakon atau kisah dari para tokoh seperti yang sering di temui adalah kesenian Arja dengan lakon atau kisah Panji. Meskipun beitu namun tak jarang pula kesenian Arja mengangkat kisah tokoh lainnya seperti Pakang Raras, Sam-Pik, Salya dalam kisah Mahabarata dan masih banyak lagi.

6. Ogoh-ogoh

Kesenian Bali yang erakhir adalah ogoh-ogoh yang merupakan kesenian pawai dengan mengarak patung berukuran cukup besar (raksaksa) keliling pemukiman warga. Selain memiliki bentuk yang sangat besar, ogoh-ogoh juga sengaja di buat dengan wajah yang menyeramkan. Pawai ogoh-ogoh sendiri biasanya di lakukan sehari sebelum hari raya nyepi.

Itulah 6 kesenian dari Bali selain tari barong dan juga tari kecak yang memang sudah terkenal, mungkin saja kamu belum mengetahui kelima kesenian tersebut, semoga setelah ini kamu dapat semakin mencintai budaya negeri kita sendiri.

Kunjungi laman resmi Triponnews.com untuk mendapat info pendidikan terkini dan berita Bali Terkini secara Up to Date