Inilah Makanan Sehat Yang Perlu Di Konsumsi Setiap Hari

Hidup Sehat Ini Makanan Sehat yang Perlu Dimakan Tiap Hari –> Kesadaran warga untuk konsumsi makanan sehat sekarang makin besar. Pasalnya selainnya jadi sumber energi, mengonsumsi makanan sehat dapat turunkan resiko terserang penyakit serius, dimulai dari diabetes, hipertensi, penyakit jantung, kegemukan, sampai kanker.

makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat tiap hari benar-benar direferensikan untuk memenuhi keperluan nutrisi harian. Ini sebetulnya tidak susah untuk dilaksanakan karena opsi makanan sehat yang bagus untuk dimakan tiap hari ada beberapa variasinya, misalnya barisan makanan fungsional. Tidak itu saja, mengonsumsi makanan sehat diimbangi dengan berolahraga teratur penting juga untuk memberikan dukungan diet sukses.

Bermacam Opsi Makanan Sehat

Supaya bisa berperan secara baik, badan memerlukan gizi dan energi yang didapat dari makanan. Pada tubuh, makanan yang dimakan akan alami proses pencernaan dan peresapan gizi.

Beberapa opsi makanan sehat yang bagus untuk dimakan diantaranya ialah:

  1. Sayur hijau

Sayur hijau tempati posisi pertama kali dalam tipe makanan sehat karena memiliki kandungan banyak gizi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium, yang baik sekali untuk kesehatan.

Disamping itu, sayur hijau kaya anti-oksidan yang bisa membuat perlindungan badan dari kerusakan karena radikal bebas. Opsi sayur hijau bermacam, dimulai dari sawi hijau, brokoli, kangkung, selada, sampai bayam. Sayur hijau dapat diproses dengan beragam jenis langkah, dimulai dari direbus, ditumis, sampai dikukus.

Untuk menjaga warna sayur hijau masih tetap menarik, coba masak sayur hijau memakai air mineral. Kandungan mineral didalamnya, seperti sodium bikarbonat dan magnesium hidroksida, bisa menjaga warna hijau alami daun.

  1. Buah-buahan

Selainnya sayur, buah juga penting dimakan karena memiliki kandungan banyak vitamin. Beberapa buah yang terkenal karena kekayaan gizinya ialah:

– Apel (serat, vitamin C, dan antioksidan)

– Jeruk (vitamin C)

– Pisang (kalium)

– Alpukat (lemak sehat, kalium, dan vitamin C)

– Beri-berian, seperti blueberry dan strawberry (rendah kalori tetapi kaya anti-oksidan dan serat)

  1. Daging dan telur

Daging sebagai salah satunya makanan sehat karena kaya gizi, ditambah lagi daging sapi tanpa lemak. Daging tipe ini memiliki kandungan protein dan zat besi tertinggi dibanding dengan daging tipe yang lain.

Dari sisi daging, telur termasuk juga ke makanan sehat. Selainnya tinggi protein, telur memiliki kandungan gizi komplet, dimulai dari vitamin, mineral, lemak tidak jemu, sampai zat anti-oksidan.

  1. Kacang-kacangan dan beberapa bijian

Makanan sehat yang penuh akan gizi selanjutnya ialah kacang-kacangan dan beberapa bijian. Misalnya ialah kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen.

Kacang-kacangan dan beberapa bijian itu bukan hanya memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi, tapi juga kaya mineral dan vitamin, seperti magnesium dan vitamin E.

  1. Ikan dan makanan laut yang lain

Makanan laut sebagai opsi makanan sehat yang kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Riset memperlihatkan jika orang yang kerap makan ikan laut condong lebih panjang usia dan mempunyai resiko lebih rendah pada banyak penyakit, terhitung penyakit jantung.

  1. Susu

Susu banyak terkandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas, dan lemak sehat. Disamping itu, susu sebagai salah satunya sumber kalsium terbaik. Untuk memproleh gizi yang ada pada susu, Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau konsumsi produk buatannya, seperti keju dan yoghurt.

Ketahui Makanan yang Perlu Dijauhi

Supaya terbebas dari beragam jenis penyakit, mengonsumsi makanan sehat saja kurang cukup. Anda harus juga batasi atau menghindar konsumsi yang kurang sehat seperti berikut:

Minuman tinggi gula

Minuman dengan kandungan gula yang tinggi, seperti minuman bersoda, juice dalam paket, dan minuman tambah energi seharusnya dijauhi atau terbatasi. Bila kerap dimakan dengan jumlah besar, tipe minuman ini bisa memacu berlangsungnya kekebalan insulin di badan. Keadaan ini bisa mengakibatkan beragam penyakit serius, terhitung diabetes type 2 dan penyakit jantung.

Makanan cepat sajian

Jauhi juga makanan cepat sajian atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan daging olahan. Makanan tipe ini bukan hanya memiliki kandungan kalori yang tinggi, tetapi juga rendah gizi. Disamping itu, makanan cepat sajian dapat menggerakkan kemauan makan secara berlebihan, hingga dapat memacu peningkatan berat tubuh.

Camilan paket

Sama dengan makanan cepat sajian, umumnya camilan paket yang dipasarkan di pasar, seperti permen, es cream, dan biskuit, tinggi kalori dan rendah gizi hingga perlu terbatasi . Maka, konsumsi kadang-kadang saja, ya!

Mengonsumsi makanan sehat benar-benar berperan dalam membuat badan yang sehat, bahkan juga lebih dari olahraga . Maka, mulai konsumsi makanan sehat dengan nutrisi imbang untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan badan Anda.

Supaya Anda tidak jemu, makanlah makanan sehat dengan tipe yang lain sehari-harinya atau gabungkan beberapa macam makanan itu supaya gizi yang didapatkan lebih bermacam.

Dari sisi konsumsi makanan sehat, Anda harus juga perbanyak konsumsi air putih. Siapkan air mineral dari sumber terlindung sebagai air minum Anda setiap hari untuk penuhi keperluan cairan sekalian mineral.

Disamping itu, upayakan selalu untuk mengaplikasikan gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup dan teratur olahraga. Bila perlu, konsultasilah ke dokter untuk memperoleh anjuran berkenaan makanan sehat dan gaya hidup yang sesuai keperluan badan Anda.

 

Andrés-Bello, A., et al. (2013). Efek of pH on Colour and Texture of Food Products. Food Engineering Ulasans, 5(3), pp. 158-170.

BetterHealth Kanal (2015). Department of Health dan Human Serviss, State Government of Victoria, Australia. Food Variety and a Healthy Diet.

BetterHealth Kanal (2015). Department of Health dan Human Serviss, State Government of Victoria, Australia. Healthy Eating Panduan.