Kalo dulu, opsi kredit HP tanpa uang muka masih sangat terbatas. Sekarang, sudah makin banyak bermunculan fintech yang secara khusus menawarkan layanan kredit HP dan barang lainnya tanpa uang muka. Bisa daftar dari rumah, ajukan cicilan, HP/barang tinggal dikirim, deh!

Kredivo dan Indodana adalah dua dari beberapa fintech yang memiliki layanan tersebut. Nggak perlu susah-susah lagi bikin kartu kredit demi bisa nyicil HP tanpa DP atau bunga 0%. Di tengah pandemi butuh HP baru buat belajar online anak? Atau buat mendukung pekerjaan remote dari rumah kayak saya? Tinggal daftar Kredivo atau Indodana, semua beres. HP-nya dapat, cashflow bulanan tetap lancar karena nggak beli tunai.

Sebagai fintech, Kredivo dan Indodana pastinya memiliki regulasi dan keunggulannya masing-masing. Sementara sebagai nasabah atau debitur, tentu kita maunya bisa pakai layanan kredit yang menguntungkan. Nah, kalau dikasih pilihan harus pakai Kredivo atau Indodana, lebih baik pilih mana ya?

Untuk membantu pertimbangan kamu, berikut ini saya bantu jabarin ya bedanya Kredivo dan Indodana dari tiga aspek. Tiga aspek berikut ini adalah yang saya bandingkan ketika saya butuh kredit HP dalam waktu cepat.

Perbedaan syarat daftar kredit di Kredivo dan Indodana

Karena butuh kredit HP segera, saya langsung cek & ricek syarat daftar Kredivo dan Indodana. Udah pasti daftar, hanya aja belom tau mau pilih yang mana. Yang syaratnya masuk & gampang, pasti itu yang saya coba.

Kebetulan, saya memenuhi kriteria/syarat daftar di kedua fintech ini. Kalo di Kredivo, syaratnya ada 3:

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun.
  2. Punya pendapatan minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Dan berdomisili atau sekarang tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

Di Indodana, syarat daftarnya kurang lebih ada 5, yaitu:

  1. Pendaftar berusia di atas 21 tahun atau di bawah 50 tahun saat periode pelunasan pinjaman.
  2. Punya pekerjaan tetap.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.
  4. Punya akun bank dan internet banking atas nama sendiri.
  5. Punya BPJS Ketenagakerjaan dan akun e-commerce.

Akhirnya, saya bandingin lagi dari segi limit dan merchant nih, supaya makin yakin pilih yang mana.

Perbedaan limit, suku bunga, dan tenor kredit antara Kredivo dan Indodana

Enaknya pakai kredit online itu, udah daftarnya gampang, potensi dapat limitnya juga besar. Di Kredivo, maksimal limit yang bisa dikasih itu s.d Rp 30 juta, sementara Indodana maksimal s.d Rp 25 juta. Buat daftarnya, tinggal download aplikasi Kredivo atau Indodana di Google Play Store atau App Store.

Kalau akun & limit sudah ready, maka kredit HP tanpa uang muka atau barang lainnya bisa langsung dilakukan. Di Kredivo, minimum pembelian untuk transaksi kredit harus Rp 1 juta ke atas. Tenornya ada 3, 6, dan maksimal 12 bulan dengan suku bunga cuma 2,6% per bulan. Nggak ada uang muka, tinggal pilih barang, bayar deh di aplikasi.

Sementara di Indodana, suku bunganya ada di kisaran 4% – 6% per bulan dengan pilihan tenor maksimal sampai 12 bulan. Kurang lebih secara opsi tenor sama dengan Kredivo, tapi suku bunga Kredivo lebih rendah.

Perbedaan opsi pilihan merchant rekanan Kredivo dan Indodana

Kalau fasilitas kreditnya sudah siap, terus di mana belanjanya?

Layanan kredit online seperti Kredivo dan Indodana umumnya menggandeng pihak ketiga atau merchant sebagai mitra. Kabar baiknya, merchant mitra Kredivo sendiri sudah banyak banget nih ada ribuan. E-commerce yang populer kayak Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada, JD.id, termasuk di dalamnya. Nggak ketinggalan yang offline kayak Erafone, Electronic City, Xiaomi Store, dan masih banyak yang lain.

Sementara merchant rekanan Indodana, ada Tokopedia, MyHartono dan Arjuna Elektronik, dan beberapa merchant lainnya. Nggak sebanyak Kredivo, tapi dengan adanya Tokopedia sebagai list merchant, menurut saya lumayan sih.

Karena dua poin perbandingan di atas selain syarat daftar, saya pilih buat coba kredit HP tanpa uang muka pakai Kredivo di Blibli. Kebetulan, HP yang saya mau masih ready di official store yang ada di Blibli nih.

Pertama kali nyobain kredit pakai Kredit online, prosesnya sama kayak kalau kita transaksi dengan metode bayar lain. Tinggal pilih barang, checkout, cek ulang, terus pilih Kredivo di laman pembayaran. Terus, saya diarahin ke laman login akun Kredivo untuk memverifikasi pembayaran. Masukin OTP, beres. Otomatis, di aplikasi Kredivo saya ada pencatatan kredit HP yang tenornya dimulai 30 hari sejak tanggal pembelian. Worth to try buat orang-orang yang butuh kredit cepat untuk kebutuhan mendesak nih.

Tertarik cobain?

By sartika