Kontraksi Palsu dan perbedaannya dengan kontraksi asli

Kontraksi palsu umumnya dirasakan oleh wanita hamil pada trimester akhir. Meskipn sebenarnya bisa terjadi juga diusia kehamilan lebih awal. Kontraksi ini sendir biasanya dikenal dalam dunia medis sebagai kontraksi Braxton Hicks yang merupakan hal normal yang terjadi pada wanita hamil. Kontraksi semacam ini merupakan persiapan rahim untukk menghadapi persalinan sehingga anda tidak perlu khawatir jika merasakan hal-hal semacam ini ketika anda sedang hamil.

Tanda-tanda kontraksi palsu  yang wajib anda ketahui

Anda perlu mengetahui bahwa rahim sebenarnya telah mengalami kontraksi sejak usia kehamilan tujuh minggu akan tetapi ukuran rahim yang belum terlalu besar membuat ibu hamil tidak merasakannya. Meskipun kontraksi inin dimulai sejak awal kehamilan dan kontraksi palsu umumnya baru mulai dirasakan sejak usia kehamilan 16 minggu. Saat kontraksi ini terjadi, kemungkinan tidak menimbulkan efek berarti pada ibu hamil. Adapun kontraksi ini umumya terjadi selama 30 detik, tidak lebih dari dua kali per jam dan bisa saja terjadi beberapa kali dalam sehari.

Anda bisa membedakan kontraksi palsu dengan kontraksi asli dengan cukup mudah. Meskipun tidak jarang wanita sedikit susah untuk membedakannya. Cara tepat untuk membedakan kontraksi adalah dilihat dari waktu terjadinya, rasanya, serta lama atau seringnya kontraksi. Jika terjadi 1 – 2 kali dalam satu jam dan hanya beberapa kali muncul dalam sehari, tidak teratur, dan jarak waktu kontraksi tidak berdekatan maka itu bukanlah kontraksi asli. Sedangkan kontraksi persalinan akan semakin sering mendekati waktu persalinan, teratur, dan jarak waktu antara kontraksi akan memendek.

Hal penting yang harus dilakukan ketika terjadi kontraksi palsu

Meskipun kontraksi ini tidak menimbulkan sakit, kontraksi tidak asli ini tetap bisa menimbulkan tidak nyaman apda wanita hamil. Oleh karena itu, jika anda mengalami hal ini secara terus menerus maka anda bisa mengubah posisi tubuh. cobalah untuk berjalan-jalan atau sebaliknya beristirahatlah saat kontraksi ini teerjadi saat anda sedang beraktivitas. Teknik relaksasi juga bisa dilakukan yaitu dengan mengambil napas dalam-dalam untuk mengembalikan rasa nyaman. Anda juga bisa minum atau makan karena mengkonsumsi makanan juga bisa meminimalkan rasa tidak nyaman saat terjadi kontraksi ini.

Kontraksi palsu juga bisa terjadi karena kurangnya minum. Salah satu pertolongan menghentikan kontraksi ini adalah dengan minum cukup air sehingga ketika mengalami kontraksi anda bisa mengkonsumsi air putih yang cukup banyak. Berbeda dengan kontraksi asli, pada kontraksi ini tidak ada rembesan cairan di vagina. Perasaan seperti ngompol bisa jadi tanda anda akan segera melahirkan karena air ketuban sudah pecah. Jika bunda mengalami kontraksi disertai ada rembesan cairan dicelana dalam kemungkinan besar kontraksi adalah kontraksi asli. Namun, jika kontraksi tersebut tidak terjadi tanpa ngompol maka itu adalah kontraksi tidak asli.

By hary