JUAL BIBIT IKAN MURAH

Siapa di sini yang tak gemar konsumsi ikan lele. Sebagian besar masyarakat kita sepertinya sangat menyukai jenis ikan air tawar yang satu ini. Bagaimana tidak, ikan yang identik dengan kumis dan patil ini memiliki daging yang tebal, berduri sedikit, dan berdaging empuk. Kemudian dari rasanya saja terkenal sangat gurih. Tak heran jika banyak masyarakat kita yang kerap membeli ikan lele di pusat jual bibit ikan murah terdekat. 

Jual Bibit Ikan Murah, Khususnya Lele, Berpeluang Laku Keras

Soal rasa, kita tak perlu lagi ragukan cita rasa ikan yang hidup di perairan yang berlumpur ini. Dan ada satu hal yang pasti bahwa ikan lele ini sendiri masuk dalam kategori jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi; hal yang sama juga terjadi pada ikan nila, gurame, gabus, ikan mas, dan belut. Kini anda juga boleh merambah bisnis budidaya ikan air tawar lainnya, seperti ikan nila, dengan membeli bibit di tempat jual bibit ikan nila terdekat. 

Memiliki nilai ekonomi di sini bukan berarti harga jual ikan lele ini mahal ya. Faktanya, harga jual ikan lele di pasaran relatif terjangkau. Semua kalangan masyarakat kita mampu membelinya. Inilah mengapa bisnis jual bibit ikan murah, terutama bibit ikan lele, dapat mendatangkan keuntungan yang tak sedikit. Satu bulannya saja omset yang didapat bisa mencapai puluhan bahkan menyentuh akan ratusan juta rupiah. 

Bisnis Jual Bibit Ikan Lele: Bisnis yang Tak akan Mati

Fakta menarik lainnya dari bisnis jual bibit ikan lele adalah bahwa bisnis ini tidak akan pernah mati alias bisa kita sebut dengan istilah bisnis seumur hidup. Ada beberapa faktor mengapa kita bisa menyebut demikian. 

Faktor yang pertama, permintaan akan ikan lele akan terus naik dan kenaikannya ini bersifat stabil. Coba kita perhatikan. Lapak-lapak ikan lele tak pernah tampak sepi. Ada saja masyarakat kita yang membeli ikan lele untuk dijadikan lauk pauk. Belum lagi konsumen dari kalangan pemilik warung makan. Sudah tentu ikan lele yang dibeli oleh mereka tidak dalam jumlah yang sedikit. 

Hal ini membuktikan bahwa minat konsumsi masyarakat terhadap ikan lele terus ada. Sekaligus ini juga bukti bahwa masyarakat kita sangat menyukai ikan lele. Mungkin salah satunya anda. 

Jenis Ikan Lele yang Dijual di Pusat Jual Bibit Ikan Murah

Ikan lele sendiri memiliki cukup banyak jenis. Kategori atau pengelompokan jenis ikan lele umumnya didasarkan pada ciri fisik, asal, dan habitat. Nah, sebagai tambahan pengetahuan untuk kita semua, berikut akan kami bagikan ringkasan singkat mengenai jenis ikan lele yang biasa kita jumpai di pusat jual bibit ikan murah terdekat. 

Ikan Lele Sangkuriang

Dari namanya saja, kita semua bisa menebak bahwa ikan lele yang satu ini berasal dari Provinsi Jawa Barat, tepatnya Sukabumi. Ikan lele ini rupanya adalah keturunan dari ikan lele dumbo. Keunggulan dari ikan lele jenis ini antara lain badannya bongsor, larva ikan lele ini tidak bersifat kanibal, tahan terhadap penyakit, dan mudah besar. 

Ikan Lele Mutiara

Jenis ikan lele ini pertama kali dirilis sekitar tahun 2015 lalu. Kata ‘mutiara’ pada penamaan ikan lele Mutiara ini sebenarnya adalah sebuah singkatan, yaitu Mutu Tinggi  Tiada Tara. Ikan lele ini aslinya hasil perkawinan silang antara lele mesir, lele dumbo, lele Sangkuriang, dan lele pyton.

Ikan Lele Dumbo

Nah, ikan lele dumbo ini adalah jenis ikan lele paling tua di Indonesia, tepatnya sekitar tahun 1980-an. Jika dirunut dari silsilah ikan lele ini, ikan dumbo ini adalah hasil persilangan antara ikan lele taiwan dan ikan lele mesir. Namun ada yang berpendapat bahwa ikan lele dumbo ini sebenarnya adalah spesies ikan lele afrika. 

Ikan Lele Mandalika

Mandalika di sini bukan mengacu pada nama sirkuit MotoGP yang tengah dibangun di Lombok, Indonesia, melainkan nama tempat ikan lele Mandalika ini berasal. Ikan Mandalika ini adalah hasil perpaduan antara ikan lele jantan Masamo dan betina Sangkuriang. 

Ikan Lele Masamo

Nah, Jawa Timur juga memiliki jenis ikan lele kebanggaan yang dinamakan ikan lele Masamo. Jenis ikan lele ini pertama kali rilis tahun 2013. Keunggulan utama dari jenis lele yang satu ini adalah masa panen yang singkat, yaitu hanya kisaran 1,5 bulan hingga 2,5 bulan saja (tergantung pada jenis pakan yang diberikan). 

Ikan Lele Pyton

Ada juga jenis ikan lele Pyton yang juga mudah sekali kita jumpai di pusat-pusat jual bibit ikan murah. Ikan lele ini merupakan hasil persilangan antara lele thailand dan lele dumbo. Keunggulan dari jenis ikan lele pyton adalah ikan ini tetap dapat dibudidayakan meski bersuhu rendah. 

Selain beberapa jenis ikan lele di atas, sebenarnya masih ada 3 jenis ikan lele lainnya yang belum kita bahas. Ketiga jenis lele tersebut antara lain lele limbat, lele afrika, dan  lele lokal atau lele jawa.  Ketiganya juga mudah kita dapatkan di pusat jual bibit ikan murah. 

By skyweb