Pinjaman online cukup marak beberapa tahun yang lalu. Meskipun kini bukan sesuatu yang baru lagi, pinjaman online masih memiliki peminatnya sendiri. Berbeda dengan pinjaman dana pada umumnya, pinjaman online terbilang sangatlah mudah dan praktis prosesnya. Karena pinjaman bisa dilakukan secara online dengan mengandalkan gadget atau PC yang sudah terhubung dengan internet saja. Namun meskipun begitu, pinjaman online juga rawan akan penipuan. Mengingat banyak sekali yang oknum yang menjerat korbannya dengan berkedok pinjaman online. Sehingga untuk mendapatkan pinjaman online terbaik dan tercepat , Anda perlu selektif dalam memilihnya.

Bagi yang sedang terdesak kebutuhan dana, pinjaman online memang bisa menjadi salah satu alternatif mendapatkan dana cepat. Sehingga selain meminjam dana secara konvensional, meminjam dana secara online juga cukup diminati. Alasannya karena pinjaman online menawarkan berbagai kelebihan berikut ini:

  • Proses pengajuan kredit yang cepat.

Dibandingkan dengan pinjaman konvensional melalui bank atau lembaga keuangan, meminjam dana secara online dari fintech lebih cepat proses pengajuannya. Cukup dengan menggunakan gadget atau PC yang terhubung dengan internet, Anda bisa melakukannya saat itu juga. Berbeda dengan pinjaman konvensional yang umumnya membutuhkan waktu berhari-hari dari saat proses pengajuan pinjaman hingga akhirnya cair.

  • Persyaratan ringan.

Alasan lain yang menyebabkan pinjaman online cukup diminati adalah karena persyaratannya yang ringan. Yang mana sangat berbeda sekali dengan pinjaman konvensional yang cukup rumit dari segi persyaratan. Untuk pinjaman online, persyaratan dokumen yang harus dipenuhi, seperti fotokopi indentitas diri, slip gaji terakhir, NPWP, dll. Bahkan untuk meminjam secara online tidak ada kewajiban untuk memiliki kartu kredit, rekening koran, dll.

  • Syarat minimum penghasilan.

Jika pada pinjaman konvensional ada ketentuan untuk besarnya minimum penghasilan, seperti harus berpenghasilan Rp 3 juta ke atas, maka pada pinjaman online tidak ada persyaratan tersebut. Jika Anda hanya berpenghasilan Rp 1 juta saja per bulannya, juga sudah bisa mengajukan pinjaman online.

  • Tidak ada biaya pelunasan dipercepat.

Salah satu kelebihan pinjaman online adalah tidak ada biaya pelunasan dipercepat. Semakin cepat Anda membayar hutang maka semakin baik. Namun sayangnya jika terlambat membayar pinjaman, biaya keterlambatan yang harus dibayarkan cukup besar karena dihitung harian. Semakin sering menunggak pembayaran, maka beban bunga juga semakin membesar.

  • Tidak perlu memiliki jaminan.

Bagi yang terdesak kebutuhan namun tidak memiliki barang berharga sebagai jaminan, maka meminjam secara online menjadi pilihan terbaik. Karena Anda tetap bisa mendapatkan pinjaman dana tanpa harus menjaminkan aset-aset tertentu, seperti rumah, kendaraan, atau surat-surat berharga lainnya.

  • Aman dan terpercaya asalkan sudah terdaftar di OJK

Selain menawarkan berbagai kemudahan seperti yang sudah disebutkan di atas, meminjam dana secara online juga ada yang sudah aman dan terpercaya. Asalkan Anda meminjam dari layanan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan begitu proses pinjaman online akan legal secara hukum.

Karena berbagai alasan tersebutlah, tidak heran jika banyak yang tertarik meminjam dana secara online. Namun pastikan Anda meminjam dari tempat yang sudah terpercaya, dengan ciri-ciri sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Maka dari itu, untuk mendapatkan pinjaman online terbaik dan tercepat yang sudah terpercaya, pastikan lebih selektif agar tidak terjebak dengan pinjaman online yang menyesatkan. Sehingga Anda pun juga tidak akan mengalami berbagai hal buruk di kemudian hari.