Kerap terganti, beberapa orang yang masih belum ketahui jika ada tubuh usaha dan perusahaan, lho!

Ya, kemungkinan sepintas ke-2 nya kelihatan sama dan serupa dari sisi bahasa. Tetapi, ternyata tubuh usaha dan perusahaan terang benar-benar ada.

Lalu, sesungguhnya apa sich tubuh usaha dan perusahaan?

Tubuh usaha ialah kesatuan yuridis (hukum), tehnis, dan ekonomis yang mempunyai tujuan cari keuntungan atau keuntungan. Tubuh usaha kerap kali disetarakan dengan perusahaan, meskipun pada realitanya masih mempunyai . intinya, tubuh usaha ialah instansi sementara perusahaan ialah tempat di mana tubuh usaha itu mengurus beberapa faktor produksi,

Adapun beberapa jenis tubuh usaha meliputi:

1. Tipe tubuh usaha Koperasi

Koperasi ialah tubuh usaha yang berdasarkan asas-asas kekerabatan.

2. Tipe tubuh usaha Badan Usaha Punya Negara

Badan Usaha Punya Negara (atau BUMN) adalah tubuh usaha yang pendanaannya semuanya atau beberapa dipunyai oleh Pemerintahan. Status karyawan tubuh usaha-badan usaha itu ialah pegawai BUMN bukan karyawan negeri. BUMN sendiri saat ini ada 3 jenis yakni Perjan, Perum dan Persero.

a. Perusahaan jabatan
Perjan ialah wujud tubuh usaha punya negara yang semua modalnya dipunyai oleh pemerintahan.

Perjan ini fokus servis pada warga, Hingga selalu tidak untung. Saat ini tidak ada perusahaan BUMN yang memakai mode perjan karena besarnya ongkos untuk memiara perjan-perjan itu sesuai Undang Undang (UU) Nomor 19 tahun 2003 mengenai BUMN. Contoh Perjan: PJKA (Perusahaan Jabatan Kereta Api) sekarang bertukar jadi PT.KAI

b. Perusahaan umum
Perum ialah perjan yang telah diganti. Maksudnya tak lagi fokus servis tapi telah keuntungan oriented. Sama dengan Perjan, perum di urus oleh negara dengan status pegawainya sebagai Karyawan Negeri.

Tetapi perusahaan masih tidak untung walau status Perjan diganti jadi Perum, hingga pemerintahan mau tak mau jual beberapa saham Perum itu ke khalayak (go public) dan statusnya diganti jadi persero.

c. Persero
Persero adalah Badan Usaha yang diatur oleh Negara atau Wilayah. Berlainan dengan Perum atau Perjan, arah dibangunnya Persero yang pertama ialah cari keuntungan dan yang ke-2 memberikan servis ke umum. Modal keputusannya berasal beberapa atau semuanya dari kekayaan negara yang dipisah berbentuk beberapa saham. Persero dipegang oleh direksi. Sedang pegawainya dengan status sebagai karyawan swasta.

3. Tipe tubuh usaha Badan Usaha Punya Swasta

Badan Usaha Punya Swasta atau BUMS ialah tubuh usaha yang dibangun dan dimodali oleh seorang atau satu kelompok orang. Berdasar UUD 1945 pasal 33, sektor- sektor bisnis yang dikasih ke faksi swasta ialah mengurus sumber daya ekonomi yang memiliki sifat tidak penting dan vital atau yang tidak kuasai hajat hidup banyak orang.

a. Firma
Firma (Fa) ialah tubuh usaha yang dibangun oleh dua orang ataupun lebih di mana setiap anggota bertanggungjawab penuh atas perusahaan. Modal firma berawal dari anggota pendiri dan keuntungan/keuntungan dibagi ke anggota dengan perbedaan sama sesuai akte pendirian.

Beberapa ciri Firma: 1) Beberapa sekutu aktif dalam mengurus perusahaan. 2) Tanggung jawab yang tak terbatas atas semua resiko yang terjadi. 3) Akan usai bila salah satunya anggota memundurkan diri atau wafat.

b. Persekutuan komanditer
Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV) ialah satu persekutuan yang dibangun oleh dua orang atau lebih. Persekutuan komanditer mengenali 2 istilah yakni:

Sekutu aktif ialah anggota yang pimpin/ jalankan perusahaan dan bertanggungjawab penuh atas hutang-hutang perusahaan.
Sekutu pasif/sekutu komanditer ialah anggota yang cuman memberikan modalnya ke sekutu aktif dan tidak ikut serta dalam soal operasional perusahaan. Sekutu pasif bertanggungjawab atas resiko yang terjadi sampai batasan modal yang ditanamkan.
Perseoran terbatas
Perseroan terbatas (PT) ialah tubuh usaha yang modalnya didapat hasil dari pemasaran saham. Tiap pemegang surat saham memiliki hak atas perusahaan dan tiap pemegang surat saham memiliki hak atas keuntungan (dividen).

Adapun letak tubuh usaha dan perusahaan dalam sisi istilah, perusahaan sebagai tempat berlangsungnya aktivitas produksi dan berkumpulnya semua factor produksi. Tiap perusahaan ada yang tercatat di pemerintahan dan ada juga yang tidak.

Untuk perusahaan yang tercatat di pemerintahan, mereka memiliki tubuh usaha untuk perusahaannya. Tubuh usaha ini ialah status dari perusahaan itu yang tercatat di pemerintahan dengan cara resmi.

Sama dengan tubuh usaha, perusahaan juga mempunyai bermacam macamnya semasing.
1. Tipe perusahaan berdasar lapangan usaha
Perusahaan ekstraktif ialah perusahaan yang bergerak dalam sektor ambil kekayaan alam
Perusahaan agraris ialah perusahaan yang bekerja dengan memproses tempat/kebun
Perusahaan industri ialah perusahaan yang hasilkan barang mentah dan 1/2 jadi jadi barang jadi atau tingkatkan nilai fungsinya
Perusahaan perdagangan ialah perusahaan yang bergerak dalam soal perdagangan
Perusahaan layanan ialah perusahaan yang bergerak dalam sektor layanan
2. Tipe perusahaan berdasar pemilikan
Perusahaan negara ialah perusahaan yang dibangun dan dimodali oleh negara
Perusahaan koperasi ialah perusahaan yang dibangun dan dimodali oleh anggotanya
Perusahaan swasta ialah perusahaan yang dibangun dan dimodali oleh satu kelompok orang di luar perusahaan
3. Tipe perusahaan berdasar wujud hukumnya
a. Perusahaan tubuh hukum
Perusahaan yang bisa dipunyai oleh swasta atau negara, bisa berbentuk perusahaan persekutuan.

Tipe perusahaan ini dibangun dan dipunyai oleh sebagian orang pebisnis baik swasta atau negara yang penuhi persyaratan sebagai tubuh hukum. Tipe perusahaan ini dpat memnjalankan usaha di semua sektor ekonomi.

b. Perusahaan bukan tubuh hukum
Perusahaan yang dipunyai oleh perusahaan swasta, bisa berbentuk perusahaan perorangan atau perusahaan persekutuan. Misalnya: Perusahaan Perorangan, Perskutuan Perdata, Firma, CV.

Perusahaan bukan tubuh hukum sebagai perusahaan swasta yang dibangun dan dipunyai oleh sebagian orang pebisnis secara kerja sama, tipe perusahaan ini bisa jalankan bisnis di sektor ekonomi

Nach, dalam masalah ini, walau ada tubuh usaha dan perusahaan, pasti ke-2 nya sama-sama terkait, lho!

Membuat tubuh usaha sebagai dasar penting jika kita akan membuat satu usaha sendiri. Kehadiran tubuh usaha yang memiliki badan hukum pada suatu perusahaan baik perusahaan kecil, menengah atau besar akan membuat perlindungan perusahaan dari semua tuntutan karena rutinitas yang digerakkan oleh perusahaan itu.

Oleh karenanya, tidak banyak beberapa perusahaan yang mulai untuk menimbang mengganti perusahaan mereka jadi satu tubuh usaha, baik yang memiliki badan hukum atau yang bukan memiliki badan hukum.

Begitu artikel berkenaan tubuh usaha dan perusahaan dan bukti-buktinnya. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna dan memberikan inspirasi Anda!

Banyak artikel tentang tips dan trik bisnis online lainnya di ngobrol bisnis

By andri