Ruangan yang bau pasti terlampau tidak nyaman ditempati. Penyebabnya bisa bermacam-macam: Kotoran, bangkai binatang, bulu hewan peliharaan, permukaan lantai yang sudah lama tak dibersihkan, bantal guling tak kunjung dicuci, atau tumpahan makanan dan minuman yang meninggalkan jejak. Ingin mengerti bagaimana cara menyingkirkan bau didalam ruangan? Simak tips dan strategi berikut!

 

Cara Menghilangkan Bau didalam Ruangan

Cara menghilangkan bau apek hal pertama yang perlu dilaksanakan sebelum akan coba menyingkirkan bau didalam ruangan adalah mengidentifikasi sumber bau. Apa yang menyebabkan aroma tak enak tersebut? Kain jemuran tak kering, kah? Kotoran, kah? Bangkai binatang, kah?

 

Bersihkan

Setelah sumber bau didalam area diidentifikasi, membersihkan ruangan dari sumber bau tersebut. Jangan lupa lap/gosok permukaan tempat sumber bau berada sampai terlampau bersih dan tidak meninggalkan jejak. Gunakan terhitung cairan karbol pembunuh bakteri seumpama diperlukan.

 

Pakai Pengharum Ruangan

Selepas membersihkan sumber bau sampai tuntas, waktunya Mengenakan pengharum ruangan! Pengharum ruangan ini bakal menanggung rumahmu bebas bau untuk sementara lama. Apa saja yang bisa digunakan sebagai pengharum ruangan? Berikut beberapa di antaranya:

 

Bunga Segar

Ambil bunga fresh dari pekarangan tempat tinggal dan taruh di didalam vas besar untuk mengurangi bau tak di idamkan dari didalam rumah. Toppers bisa pakai bunga melati, bunga lili, bunga anggrek, tanaman Belanda, sampai tanaman lidah mertua. Namun ingat, bunga dan tanaman ini selalu perlu diganti selama beberapa hari sekali ya, untuk menanggung kesegarannya!

 

Parfum Mobil

Parfum mobil tersedia di pasaran didalam berbagai varian wangi sejuk nan menenangkan. Namun, parfum mobil ini bisa dipakai untuk menyingkirkan bau didalam tempat tinggal juga, lho! Caranya, gunakan parfum mobil/clip on car freshener di dekat jendela, ventilasi, atau gantung di depan AC sehingga wanginya menyebar ke seluruh ruangan.

 

Lilin Harum

Cara sesudah itu untuk menanggulangi bau tak enak di ruangan atau kamar adalah dengan menempatkan lilin fresh di tiap sudut-sudut rumah. Menggunakan lilin bukan artinya perlu dinyalakan dan dibakar. Cukup dengan menaruhnya di tempat-tempat yang diinginkan, lilin ini bakal menyebarkan wangi harum.

 

Lilin Aromaterapi

Serupa dengan cara menyingkirkan bau didalam ruangan sebelumnya, strategi ketiga adalah pakai lilin aromaterapi yang banyak tersedia di pasaran, apalagi di marketplace didalam jaringan seperti Tokopedia. Keuntungan dari lilin aromaterapi ini, tak hanya bisa mengusir bau tak enak, terhitung bisa berikan efek-efek tertentu, seumpama wangi lavender bisa menenangkan, wangi citrus dari lemon bisa beri kesegaran mood, atau wangi melati untuk menyebabkan kondisi menjadi lebih baik.

 

Kertas Pengering

Tak cuma bermanfaat didalam aktivitas mencuci baju atau kain, dry sheet atau kertas pengering terhitung bisa digunakan untuk menyebabkan ruangan punyai wangi segar. Bagaimana caranya? Tempel beberapa helai kertas pengering di permukaan kipas angin atau AC ruangan. Mudah, bukan?

 

Rempah-rempah

Indonesia diberkahi dengan type rempah-rempah yang terlampau beragam. Beberapa di antaranya terlampau ampuh seumpama digunakan sebagai penghilang bau didalam ruangan.

Campur rempah-rempah seperti cengkeh dengan beberapa iris jeruk, bubuk kayu manis, ranting beraroma sedap, serta bumbu lainnya ke didalam sebuah toples, masukkan ke didalam sebuah wadah, selanjutnya masak di atas api/ tungku berkekuatan rendah. Aroma manis bakal menguar dan mengusir bau tak enak dari rumahmu.

 

Bubuk Kopi

Tahukah Toppers bahwa bubuk kopi punyai sejuta manfaat? Tak cuma bisa dipakai untuk mengurangi stretch marks di permukaan kulit atau mencerahkan wajah, bubuk kopi terhitung bisa bermanfaat sebagai pengusir bau tak sedap.

Hal ini sebab bubuk kopi punyai kebolehan menyerap bau pengap atau anyir. Taruh bubuk kopi didalam wadah-wadah kecil selanjutnya tempatkan di sudut-sudut ruangan rumah.

 

Baking Soda

Bila penyebab bau tak enak didalam ruangan adalah menempelnya asap rokok terhadap permukaan gorden, tembok, meja, atau kursi, cara cepat untuk menghalau bau tersebut adalah dengan mengelapnya pakai kain yang sudah dicampur baking soda dan air. Pertama, larutkan baking soda didalam air.

Celup kain selama beberapa saat, selanjutnya lap permukaan-permukaan didalam tempat tinggal dengan kain tersebut. Diamkan selama setengah jam, sesudah itu akhiri dengan mengelapnya ulang pakai kain basah.

 

Abu Gosok

Dapur atau pekarangan tempat tinggal bau sebab tersedia tempat-tempat sampah? Cara menghilangkannya adalah dengan pakai abu gosok. Beli abu gosok di warung terdekat, selanjutnya taburkan beberapa genggam abu gosok di lebih kurang tempat sampah. Bau bakal hilang seketika!

 

Cuka

Seringkali, bau asap rokok didalam ruangan tak bisa dihindari, terlebih seumpama tersedia anggota keluargamu yang merokok, atau tempat tinggal baru saja kedatangan tamu. Bau rokok pastinya terlampau tidak enak, bukan? Usir bau rokok dengan tempatkan wadah kecil memuat cuka makanan di sudut-sudut rumah. Diamkan selama semalam sehingga bau rokok terlampau pergi.

 

Bawang

Beberapa orang tidak tahan dengan bau ruangan yang baru dicat. Bau cat sebetulnya memerlukan sementara memadai lama sampai terlampau tiada. Cara menanggulangi bau cat adalah dengan memotong bawang Bombay, selanjutnya mencelupkannya terhadap sebuah ember atau panci berukuran sedang.

Taruh ember di ruangan yang baru dicat. Bawang putih terhitung bisa digunakan. Gantung beberapa siung bawang putih di depan kipas angin, selanjutnya arahkan kipas angin ke tembok-tembok yang masih berbau cat.

By toha