cara-ternak-kacer-sederhana

Burung kacer sebagai salah satunya tipe burung petarung yang banyak disukai oleh beberapa kicau mania. Selainnya mempunyai suara yang cantik dan merdu, burung ini mempunyai warna bulu-bulu yang demikian cantik.

Saat burung kacer berkicau karena itu dia akan mengawali tarian dengan buka sayapnya dan ekor. Buat anda yang tertarik budidaya kacer, karena itu baca pembahasan ini.

Langkah Budidaya Burung Kacer Untuk Beberapa Pemula


Mengenal Pengetahuan Mengenai Burung Kacer

Cara pertama kali yang bisa dilaksanakan saat ingin memiara burung ini ialah ketahui seluk beluknya. Misalkan karakter, komunitas, beberapa ciri yang dipunyai dan langkah perawatannya.

Untuk ketahui hal itu, anda bisa bertanya ke orang yang telah eksper atau menelusurinya di internet. Beragam pengetahuan yang didapat bisa menolong anda dalam menjaga burung ini ke depannya.

Mempersiapkan Kandang Penangkaran

Kandang sebagai salah satunya point https://pleci.id pertama kali yang harus disanggupi dalam memiara tipe burung ini. Bikinlah kandang yang sesuai komunitas asli burung seperti menambah komunitas asli nya dengan sediakan ranting kering. Hal itu dilaksanakan supaya burung kacer masih tetap berasa nyaman saat penangkaran.

Selainnya sediakan ranting untuk budidaya kacer, anda pun perlu sediakan 2 kolam kecil. Untuk kolam pertama dipakai sebagai tempat mandi, sedang untuk kolam ke-2 di isilah batu-batuan kecil atau pasir. Ini karena burung kacer kerap kalai mengusung kerikil saat ingin membuat sarang.

kandang-ternak-burung-kacer

Pilih Bibit Burung Kacer

Sesudah beberapa langkah awalnya telah tercukupi karena itu seterusnya anda perlu pilih bibit yang berkualitas dan unggul. Pada tingkatan ini, upayakan untuk pilih bibit burung kacer yang siap produksi. Untuk indukan jantan telah berusia dua tahun dan untuk indukan kacer betina dengan usia satu tahun.

Bukan hanya usia, anda pun perlu pilih indukan yang memiliki bentuk badan yang bagus, kualitas suara yang baik, dan warna bulu-bulu yang cantik. Hal itu dilaksanakan agar memperoleh turunan yang paling berkualitas nanti, karena bibit memiliki dampak untuk kesuksesan budidaya kacer.

Proses Perjodohan

Sesudah membuat kandang yang nyaman dan memperoleh indukan yang berkualitas karena itu cara seterusnya yang penting dilaksanakan yakni memasangkan burung kacer itu. Memasangkan burung tipe ini benar-benar tidak gampang dan membutuhkan saat yang cukup lama. Proses ini kerap kali membuat beberapa pemula berasa tidak berhasil karena tidak sabar menanti hasil perjodohan itu.

Langkah memasangkan burung kacer yang betul yakni anda bisa tempatkan burung betina di suatu lokasi yang berjauhan. Upayakan untuk tidak bisa menyaksikan keduanya, sampai cuman bisa dengar suara satu dengan lain. Kemudian nantikan sampai burung itu sama-sama bersahutan secara berganti-gantian, karena itu ke-2 kandang bisa didekatkan kembali.

Prose Mendekami dan Pemberian Pakan

Menetaskan telur sebagai salah satunya wujud kesuksesan prose perjodohan yang sudah dilakukan untuk budidaya kacer. Di proses pengeraman umumnya umum terjadi permasalahan seperti kacer tidak mau mendekami telurnya.

Untuk menangani hal itu karena itu upayakan tidak untuk mengusik kacer betina baik pada hal apapun. Selainnya tidak mengusik burung itu, aspek terpenting yang memberikan dukungan kesuksesan itu ialah pemberian pakan yang sehat dan bergizi. Pakan yang diberi di saat penangkaran harus mempunyai protein yang tinggi hingga bisa penuhi gizi di saat mendekami atau bertelur.

Ada beberapa hal yang perlu anda kerjakan agar bisa membudidayakan burung kacer. Dimulai dari pengadaan kandang yang nyaman, pilih bibit yang berkualitas sampai dengan ketahui seluk belu burung itu hingga bisa hasilkan bibit yang bagus. Tidak itu saja anda pun perlu mempersiapkan konsumsi makanan yang mempunyai protein dan vitamin yang tinggi untuk kesehatannya.

By boring