Cara Mudah Membuat Website Toko Online Sendiri dan Rincian Biayanya

9 Cara Membuat Website Toko Online secara Mandiri, Yuk Coba!

Cara membuat website toko online sendiri saat ini bisa Anda lakukan sendiri. Bagi Anda yang ingin memulai untuk membuka toko online Anda sendiri yuk kita lihat beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Membeli¬†domain¬†dan menyewa¬†hosting

Hosting ini adalah sebuah tempat untuk menaruh domain dan berbagai konten website. Sedangkan domain ini adalah konten untuk website. Jadi jika Anda tidak memiliki hosting maka Anda ini tidak akan bisa punya online shop. Saat ini untuk membeli domain atau menyewa hosting sudah sangat mudah, penyedia layanan yang satu ini sudah mudah untuk Anda temukan.

  • Memasang Content Management System (CMS)

Jika Anda sudah punya domain dan juga hosting Anda ini selanjutnya harus memasang Content Management System (CMS). Hadirnya CMS ini bisa membuat Anda lebih mudah untuk mengatur konten dan tampilan dari website Anda. CMS yang paling sering dipakai adalah WordPress.

  • Pasang¬†plugin¬†khusus

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai CMS Anda langkah selanjutnya adalah install plugin khusus di  toko Anda misalnya WooCommerce. Jika menggukan WooCommerce Anda ini bisa memakai berbagai fitur untuk memperindah toko online Anda. Beberapa data pelengkap yang harus Anda isikan diantaranya jenis produk, mata uang, dan alamat toko. Disini juga Anda bisa mengatur berapa besar tarif untuk pengiriman produk.

  • Isi konten-konten

Hal yang paling penting adalah dengan menambahkan produk, di sini Anda bisa langsung menambahkan produk dengan pilihan Add New, jika sudah Anda bisa langsung melengkapi informasi mengenai produknya. Dalam poin ini Anda bisa menambahkan informasi apapun untuk pelanggan supaya informasi yang mereka dapatkan mengenai produknya bisa lebih jelas.

 

Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Membuat Toko Online

Bagi Anda yang penasaran ini dia beberapa rincian yang mungkin harus Anda keluarkan jika Anda ingin membuka toko secara online:

  • Domain

Harga dari domain ini cukup bervariasi, semuanya tergantung sengan ekstensi dari domain tersebut. di Indonesia sendiri domain yang paling umum di gunakan adalah .com, .id, dan,  .co.id. Harga untuk .com harganya mulai dari Rp99.000 sampai Rp125.000, untuk .id mulai dari Rp200.000 hingga Rp250.000, dan untuk co.id mulai dari harga Rp275.000 hingga Rp350.000

  • Hosting

Biaya untuk hosting juga tergantung dengan berapa ukuran hosting yang Anda perlukan, untuk ukuran 100MB biasanya harga sewanya ini hanya Rp5.000 per bulan, hingga Rp150.000 untuk unlimited disk space

  • CMS WordPress

Untuk CMS WordPress ini Anda tidak akan dipungut biaya apapun, tapi jika Anda ini ingin mendesign halam online shop Anda ada beberapa template premium yang harganya sekitar Rp350.000.

  • Payment Gateway

Terakhir payment gateway, biaya yang harus Anda keluarkan ini gratis, tapi nantinya Anda ini akan dikenakan biaya jika transaksi Anda sudah sukses. Jumlah yang harus di keluarkan cukup variatif di mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000 untuk satu kali transaksi.

Setelah di rangkum dari penjelasan yang telah di jelaskan di atas, jika Anda ini ingin punya toko secara online ini dia kira- kira nominal uang yang harus Anda keluarkan:

Domain.id = Rp200.000

Hosting = Rp150.000

Template WordPress = Rp350.000

Jumlah biaya yang harus Anda keluarkan ini sekitar Rp700.000. Biaya tersebut masih belum termasuk dengan biaya potongan untuk gatewaty pada setiap kali transaksinya, jika Anda ingin mengiklankan toko Anda, Anda juga harus mengeluarkan uang lagi.