Cara meningkatkan SEO multibahasa Anda

Ada 5 langkah kunci untuk mengoptimalkan peringkat mesin pencari situs Anda yang akan kami lihat lebih detail!

1. Gunakan URL khusus

Salah satu ketakutan utama dengan situs multibahasa adalah konten duplikat .

Meskipun tidak semua konten duplikat merugikan, konten yang muncul dalam beberapa URL dapat dikenakan hukuman seperti penurunan peringkat atau bahkan penghapusan indeks.

Untuk menghindari hukuman duplikat konten, praktik terbaik Google merekomendasikan penggunaan ‘URL khusus’ yang menyertakan indikator bahasa.

Untuk memahami bagaimana cara kerja Url SEO yang benar bisa pelajari disni bagaimana cara kerja seo melalui postingan yang kami buat.

Indikator tersebut memungkinkan mesin pencari dan pengguna untuk mengidentifikasi bahasa dari URL saja. Misalnya, laman orisinal mungkin www.example.com , sedangkan versi Prancisnya bisa jadi www.example.com/fr/ .

Penempatan indikator bahasa di URL bergantung pada struktur URL yang Anda pilih, terutama perbedaan antara menggunakan Domain Tingkat Atas Kode Negara (CCTLD) khusus dan subdomain di situs Anda sendiri. Untuk kejelasan, ketiga pilihan tersebut adalah:

Meskipun indikator bahasa, masih dapat disalahartikan — jadi menentukan parameter URL Anda adalah langkah penting untuk memastikan situs Anda kompatibel dengan SEO, tetapi jelas bukan satu-satunya.

Masing-masing memiliki pro dan kontra , tetapi subdirektori mudah diatur dan dipelihara. Kami menggunakannya dalam solusi terjemahan Weglot , yang menggunakan aturan penulisan ulang untuk membuat URL unik untuk setiap versi bahasa di situs Anda.

2. Terapkan tag hreflang

Selain indikator bahasa yang disebutkan di atas, Google juga menggunakan atribut hreflang untuk membantu menentukan bahasa halaman dan untuk wilayah mana halaman itu ditujukan.

Tag ini dapat disisipkan di bagian header halaman asli atau dikirimkan melalui peta situs . Misalnya, tag hreflang yang merujuk ke halaman Prancis yang ditujukan untuk pembaca di Kanada akan terlihat seperti ini:

<link rel = ”alternate” hreflang = ”fr-ca” href = ”http://example.com/fr/” />

Jika halaman ditujukan untuk beberapa wilayah, beberapa atribut hreflang dapat ditambahkan. Namun, perlu dicatat bahwa seluruh proses ini rumit dan memakan waktu, terutama untuk pemula (bahkan pakar SEO Google sendiri mengatakan demikian – ya!).

Jika Anda menggunakan solusi terjemahan Weglot kami , langkah ini otomatis dilakukan untuk Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang menambahkan kode Anda sendiri. Anda juga dapat menggunakan pemeriksa tag Hreflang yang berguna dari Weglot untuk melihat apakah semuanya sudah diatur dengan benar.

Bagaimana melakukan SEO untuk Website E-commerce

3. Tetap menggunakan satu bahasa per halaman

Mungkin Anda tergoda untuk menerjemahkan beberapa area halaman web sambil mempertahankan bagian lain dalam bahasa aslinya. Beberapa contoh saat halaman mungkin memiliki beberapa bahasa adalah:

Konten utama diterjemahkan tetapi teks navigasi dalam bahasa aslinya.
Konten buatan pengguna (seperti forum diskusi dan komentar) tersedia dalam berbagai bahasa.
Dalam kedua kasus ini, bahasa dan wilayah halaman yang diinginkan dapat diperjelas dengan menambahkan tag hreflang yang telah dibahas sebelumnya.

Namun, beberapa bahasa pada halaman dapat mengurangi pengalaman pengguna. Dalam kasus pertama di atas, pembaca mungkin memahami konten utama tetapi kesulitan menavigasi ke halaman lain. Dalam kasus kedua, konten buatan pengguna dalam berbagai bahasa dapat mengakibatkan diskusi kehilangan konteks, dan pembaca menjadi bingung atau bahkan frustrasi.

Untungnya, saat Anda menerjemahkan halaman dengan solusi terjemahan Weglot kami , secara otomatis mendeteksi semua konten – termasuk konten dari aplikasi pihak ketiga – sehingga Anda dapat yakin bahwa semuanya akan diterjemahkan 100%.

4. Terjemahkan metadata Anda

Saat Anda membuat situs web multibahasa, Anda juga ingin memastikan bahwa bukan hanya konten di situs Anda yang diterjemahkan. Metadata Anda juga merupakan bagian penting dari teks yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk negara-negara baru yang Anda targetkan.

Namun, tidak selalu sesederhana hanya menerjemahkan kata metadata kata demi kata. Meskipun itu adalah proses yang sangat sederhana dengan Weglot.

Optimasi website anda bisa didukung dengan backlink berkualitas, bisa lihat website yang jual backlink pbn berkualitas untuk mendorong ranking website.

Sebenarnya tidak ada hal berbeda yang perlu Anda lakukan, setelah Anda menambahkan Weglot ke situs Anda, Weglot secara otomatis mendeteksi metadata Anda dan memberi Anda lapisan pertama terjemahan mesin yang kemudian dapat Anda edit secara manual.