Cara Mencuci Pakaian yang Benar Agar Bersih Maksimal

Cara mencuci pakaian yang benar mempengaruhi hasil cucian menjadi bersih dan awet untuk jangka panjang. Mencuci baju merupakan cara menjaga kebersihan yang harus dilakukan secara rutin setiap hari. Dalam mencuci baju tentu dengan cara yang benar dan tepat agar tidak merusak bahan dan kondisinya.

Baik mencuci secara manual maupun dengan mesin sama-sama harus memperhatikan petunjuk pencucian yang tepat. Nah bagi Anda yang ingin mencuci baju dengan aman secara manual simak tips berikut ini.

Begini Cara Mencuci Pakaian yang Benar dan Aman

Tips mencuci baju yang benar adalah :

Pisahkan Warna dan Bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memisahkan warna. Pilih baju yang akan dicuci berdasar warna.

Biasanya untuk baju warna putih perlu dipisahkan agar nantinya tidak terkontaminasi dengan warna lainnya.

Sehingga akan merusak warna bersihnya. Selain itu pisahkan baju yang berpotensi luntur agar tidak mengenai baju lainnya.

Selain itu pisahkan berdasar bahan kain. Ada baju yang berbahan wol atau sutra maka jangan dicampurkan dengan kain berbahan denim atau yang berat sejenisnya.

Karena akan merusak tekstur dari kain sutra itu sendiri. Bahan yang tipis akan cepat sobek apabila dicampur dengan baju yang berbahan berat.

Ambil Ember dan Isi Air

Kemudian ambil bak atau ember lalu isi air. Isi air secukupnya sesuaikan dengan banyaknya pakaian yang akan Anda cuci.

Setelah itu tambahkan deterjen dan aduk hingga rata. masukkan pakaian yang sudah Anda pilah sebelumnya ke dalam ember dan tunggu beberapa menit.

Rendam dan Cuci Pakaian

Cara mencuci pakaian yang benar

Setelah selesai maka rendamlah hingga beberapa menit. Hal ini untuk menghilangkan noda dan kotoran pada baju hingga nanti mudah dibersihkan. Gunakan pewangi laundry untuk cucian anda di rumah. Selain hemat biaya, aroma yang dihasilkan tahan lama.

Selanjutnya kucek pakaian yang sudah direndam dengan tangan. Gerakkan tangan ke atas ke bawah ketika sedang mengucek baju.

Membilas

Jika sudah dikucek semua maka Anda kuras air sabun rendaman tadi dan baju diperas. Ambil ember lainnya isi dengan air lalu masukkan baju ke dalam bak bilasan.

Anda dapat mengulangi proses bilas 2 hingga 3 kali atau sesuai kondisi baju. Pastikan baju terbilas dengan sempurna dan bersih.

Keringkan Baju

Tahap terakhir adalah memeras baju tersebut dan menjemurnya untuk mengeringkan baju. Hindari penjemuran dibawah sinar matahari langsung terlalu lama.

Hal ini dapat merusak tekstur bahan dan warna kain. Keringkan hingga benar-benar kering sempurna.

Anda bisa menjemurnya di tempat yang tidak terkena terik matahari langsung. Cara mencuci pakaian yang benar tersebut bisa menjadi petunjuk untuk Anda.