Tepat untuk Mobil AndaCara Mendaftarkan Kartu Telkomsel – Layanan 5G kini sudah dapat dinikmati di sejumlah wilayah di Indonesia sejak 27 Mei 2021.

Enam lokasi pertama yang bisa menikmati layanan 5G semuanya di Jabodetabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera.

Kendati sudah diluncurkan, baru Telkomsel saja yang menyediakan layanan 5G ini setelah mendapat Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan layanan 5G bagi pengguna Telkomsel dari koinx.id?

Cara aktifkan layanan 5G Telkomsel

Melansir Kompas.com, pelanggan tak perlu mengganti kartu SIM untuk menikmati layanan 5G, seperti saat migrasi dari 3G ke 4G.

“Untuk saat ini (migrasi ke) jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G,” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, bagi pengguna kartu SIM lama (di bawah 4G) tidak bisa menjangkau layanan 5G.

Cara mengeceknya, pengguna bisa melihat fisik kartu SIM.

Jika terdapat tulisan 4G, bisa dipastikan kartu tersebut sudah menggunakan Universal Subscriber Indentity Mobile (USIM).

Sayangnya, pengguna biasa ponsel 5G yang beredar di Indonesia saat ini belum bisa menikmati layanan 5G.

Pengguna biasa dalam hal ini adalah pemilik ponsel 5G yang tidak mempunyai akses khusus ke vendor smartphone dan operator seluler.

Alasannya adalah vendor smartphone harus menunggu pembaruan software over the air (OTA) agar bisa membuka kunci 5G terlebih dahulu.

Beberapa merek smartphone telah mengkonfirmasi beberapa perangkat yang kompatibel layanan 5G Telkomsel jika pembaruan OTA untuk unlock 5G telah tersedia.

Mereka antara lain, OPPO, Huawei, dan Vivo.

Sejumlah merek lain seperti Realme, Xiaomi, dan Samsung belum dapat memastikan ponsel mereka akan mendukung 5G Telkomsel.

By Deric