main image

Memasak rendang mungkin menjadi hal yang cukup membingungkan apa lagi bagi mereka yang baru saja mau membuat rendang. Rendang sendiri merupakan salah satu jenis makanan khas dari Indonesia lebih tepatnya di daerah Sumatera. Bukan hanya memakai daging sapi saja, tetapi rendang bisa juga memakai jenis daging yang lainnya. Hal ini akan tergantung dengan kebutuhan, pengetahuan memasak daging tersebut, ketersediaan bahan dan harga bumbu rendang. Hal yang penting dalam memasak rendang tidak lepas dari memastikan kesegaran dagingnya yang hendak dimasak. Daging yang segar biasanya akan memiliki warna rona merah terang. Lebih baik jangan juga memotong daging untuk rendang yang terlalu kecil. Hal ini karena pada saat dimasak, ukuran daging tersebut bisa menciut karena airnya hilang. Lebih baik iris daging dengan agak miring dan mengikuti seratnya. Tak hanya itu saja, ada beberapa tips lainnya dalam memasa rendang yang bisa dibilang susah-susah gampang ini.

Memperhatikan Proses Pengolahan

Bukan hanya kesegaran daging saja, bumbu yang akan dipakai sangat menentukan juga hasil racikan rendang kita. Untuk menjaga rasa dan juga kesegaran bumbu rendangnya, Anda disarankan menggilingnya memakai tangan. Tetapi kalau dirasa tidak efisien, maka menghaluskan bumbu memakai blender juga tak ada salahnya. Pastikan kualitas bahan bumbu rendang yang digunakan benar-benar berkualitas baik.

Memperhatikan Takaran Santan

Santan menjadi salah satu bahan pembuatan rendang juga. Untuk mendapatkan hasil tekstur dan rasa rendang paling pas, maka menakar santan merupakan kunci terpenting. Kalau santan kurang, maka rendang bisa saja dirasa kurang lemak serta bumbunya encer atau terasa terlalu sedikit. Perbandingan santan dengan daging rendang yang umum yaitu 3 berbanding 1. Hal ini berarti untuk 1 kg daging, maka Anda akan perlu santan kental 3 kelapa. Sementara untuk membuat rendang yang pedas, maka 1 kg daging akan memerlukan 250 gram kurang lebih cabai dan juga santan kental dari 4 kelapa.

Memperhatikan Api Saat Memasak

Makanan rendang yang enak dan lezat adalah daging rendang yang empuk, dan mudah digigit. Bukan hanya itu saja, bumbunya juga harus yang meresap sampai ke serat daging. Anda dapat meraih hasil tersebut dengan cara menggunakan api yang kecil. Untuk jenis rendang basah, maka waktu masak diperlukan 4 jam kurang lebih. Sementara rendang kering umumnya akan selesai dalam waktu kurang lebih 5 atau 6 jam.

Memperhatikan Cara Mengaduk

Memasak rendang ini memang cukup mengandalkan teknik dalam mengaduk. Tak hanya sembarang mengaduk saja, rendang tak boleh diaduk sering tetapi juga tak boleh dibiarkan lama begitu saja. Ketika daging rendang sudah dimasukkan, maka tidak boleh kalian aduk terlalu sering dikarenakan potongannya dapat saja pecah. Anda harus memastikan juga bagian dasar wajannya tidak lengket yaitu dengan mengaduk secara perlahan-lahan. Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan pada saat ingin memasak rendang agar hasilnya memuaskan. Rendang sendiri menjadi makanan Indonesia yang naik daun karena Gordon Ramsay yang belajar membuat hidangan rendang Sumatera Barat yang tayang pada acara TV National Geographic – Uncharted saat akhir bulan Juni tahun 2020 lalu. Bagi seorang ibu, maka lebih baik mencoba untuk menguasai cara memasak rendang ini. Karena memang rendang menjadi makanan yang lezat, kaya rasa dan juga disukai oleh banyak orang. Meski pun orang tersebut kurang suka dengan masakan daging.

By sartika