promosi website

Bagaimana melakukan SEO untuk Website E-commerce

Jika Anda memiliki situs web e-niaga atau melakukan SEO untuk itu, izinkan saya memberi tahu Anda, itu akan membuat Anda banyak pusing. Melakukan SEO untuk situs web e-niaga membutuhkan banyak waktu dan tenaga karena ukuran situs web ini.

SEO e-niaga sangat menekankan pada teknis dan SEO pada halaman. Jika situs Anda memiliki ratusan atau ribuan halaman, hal pertama yang harus Anda ingat adalah bahwa setiap halaman memberikan peluang untuk pengoptimalan SEO.

Jika Anda membaca artikel ini, Anda berencana membuat situs web e-niaga atau Anda sedang dalam proses mengoptimalkan situs web Anda saat ini tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba mempermudah proses melakukan SEO untuk website e-commerce.

Struktur Situs Web

Memiliki situs web e-niaga bisa jadi berantakan. Saya telah melihat banyak bisnis di mana mereka terus mengupload produk baru sampai mereka menyadari bahwa struktur situs web mereka sangat tidak teratur sehingga hampir tidak mungkin untuk menguraikannya.

Jika Anda hanya berencana membuat situs web baru, Anda beruntung. Tetapi jika Anda sudah tersesat pada struktur situs web Anda, itu masih bisa disimpan, tetapi itu akan membutuhkan banyak waktu.

Struktur situs web untuk situs web e-niaga menggunakan prinsip yang sama untuk situs web lain. Halaman terpenting Anda seharusnya dapat diakses hanya dengan 1 atau 2 klik.

Ini harus tercermin di bilah navigasi utama situs web Anda.

Dalam hal ini, selain dari halaman arahan Anda, kategori produk Anda harus dapat diakses hanya dengan satu klik dari beranda Anda dan subkategori serta halaman produk Anda harus dapat diakses dengan mudah setelah itu.

Ini membantu crawler mesin pencari memahami hierarki halaman situs Anda dan juga memudahkan pengguna untuk menavigasi di sekitar situs Anda.

Saat anda memutuskan untuk menggunakan Jasa Backlink juga harus memperhatikan bagian ini, agar link juice dari backlink berdampak besar pada peringkat website.

Berikut ilustrasi yang bagus tentang bagaimana situs web e-niaga Anda seharusnya :

Menjaga struktur situs web seperti ini juga memastikan bahwa jus tautan tersebar di seluruh situs web Anda. Sebagian besar tautan balik situs web e-niaga mengarah ke beranda. Jadi, Anda harus memastikan bahwa beranda ditautkan ke halaman penting dan seterusnya.

Ingatlah bahwa semakin dalam situs web Anda, otoritas tautan akan berkurang untuk halaman menjelang akhir struktur situs web Anda. Halaman yang berjarak lebih dari 3 klik dari beranda Anda akan menerima lebih sedikit otoritas dari halaman 1 atau 2 klik saja.

Buat Daftar Kata Kunci Anda

Strategi kata kunci yang baik untuk SEO e-niaga adalah membagi daftar kata kunci Anda menjadi tiga: Kata kunci informasi, Kata kunci transaksional, dan Kata kunci komersial.

Kata kunci informasional adalah apa yang digunakan pengguna untuk mencari berita, fakta, tip, dan informasi lainnya. Kata kunci komersial adalah kueri di mana pengguna menjelajahi opsi pembelian mereka tetapi belum ada niat untuk membeli.

Sedangkan kata kunci transaksional digunakan oleh pengguna dengan tujuan membeli. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang maksud kata kunci di posting lain ini .

Jadi, bagaimana Anda tahu yang mana?

Anda dapat menggunakan hasil pencarian untuk memberikan petunjuk tentang bagaimana Google memahami maksud dari sebuah kata kunci.

Biasanya, kata kunci informasional adalah kata kunci ekor panjang yang menanyakan pertanyaan seperti “bagaimana” atau “apa” dan itu akan melayani Anda artikel atau posting blog.

Kata kunci komersial adalah kata kunci yang menyertakan istilah seperti “terjangkau” atau “terbaik”. Ini berarti bahwa pengguna mencari daftar tempat mereka dapat melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan untuk membeli.

Dan terakhir, kata kunci transaksional mencakup kategori produk umum dan nama produk. Pengguna sudah siap untuk membeli dan Google akan mengembalikan halaman produk atau halaman kategori produk di hasil pencarian.

Salah satu contoh kata kunci transaksional adalah “Jasa SEO per bulan“, ini menunjukan orang yang ingin menggunakan jasa seo bulanan.

Alasan mengapa Anda harus mendiversifikasi daftar kata kunci Anda adalah karena setiap jenis kata kunci menyajikan peluang yang berbeda. Memiliki situs web e-niaga berarti ribuan halaman harus dioptimalkan untuk kata kunci dan setiap peluang tidak boleh disia-siakan. Kami akan membicarakannya lebih lanjut di bagian selanjutnya.