Automated Trading Bot Jadi Robot Trading Masa Depan

Akankah anda menjadi penggemar sebuah film fiksi ilmiah? Jika memang demikian pastinya pernah menonton sebuah film mengenai manusia yang melawan robot. Kini anda tidak perlu lagi berfantasi karena trader setiap harinya bakalan melawan robot. Sekarang ini automated robot trading semakin terkenal. Dunia trading memang sering didominasi oleh hadirnya robot dengan kecerdasan buatan.

Hal tersebut tidaklah terlepas dari adanya perkembangan teknologi yang terbilang canggih. Robot trading sebetulnya adalah suatu bentuk dari automated trading bot. Transaksi perdagangan bakalan dilakukan sepenuhnya secara otomatis oleh perangkat lunaknya bahkan menurut algoritma pemrograman yang ada. Perangkat lunak tersebut bakalan bekerja dengan sendirinya sehingga manusia pun hanya perlu melakukan sebuah perubahan parameter program.

Kini anda pun tidak perlu lagi membayangkan robot trading seperti halnya dalam fiksi ilmiah. Tetapi robot trading biasanya hadir dalam bentuk software yang sudah terdia pada server. Jadi  trader masa depan merupakan sekumpulan server yang mampu jalankan trading secara otomatis. Seringkali trading otomatis ini disebut dengan algorithmic trading. Pada umumnya setiap robot trading mempunyai sebuah strategi.

 

Strategi serta algoritma ini seringkali disebut dengan blackbox yang lebih merujuk dengan sifat rahasia. Jadi robot trading sering memperoleh sebuatn blackbox trading. Biasanya setiap institusi besar yang telah bermain pada pasar keuangan mempunyai blackbox tersendiri. Trader ritel pun saat ini sudah mulai mempergunakan automated trading bot. Semisal saja seorang trader saham kini semakin marak dengan software online tradingnya masing-masing.

Perkembangan dalam pemakaian robot trading sekarang ini semakin cepat berjalan. Sepertiga dari semua perdagangan saham Uni Eropa bahkan Amerika Serikat tahun 2006 sudah dilakukan oleh robot trading. Hanya cukup berselang selama 3 tahun saja tahun 2009 penggunaan robot trading sudah mencapai angka 70% dari semua volume perdagangan saham yang berada di AS.

 

Menurut data yang sudah ada ternyata robot trading kali ini sering dipergunakan pada 80% lebih transaksi perdagangan financial. Baik itu forex, saham, komoditas, futures dan lainnya. Semua pemain utama lebih memilih mempergunakan robot untuk trading. Bisa dibilang satu-satunya jenis trading yang masih manual dilakukan oleh trader maupun investor ritel.

 

Kini di Indonesia kecenderungan pemakaian robot trading diperkirakan semakin meluas saja. Bahkan pemakaian software online trading semakin banyak. Semoga saja dnegan hadirnya penjelasan di atas mampu memperluas pengetahuan para trader terutama yang masih pemula.