7 Fakta Unik Ikan Lele yang Mungkin Belum Anda Ketahui.Lele merupakan jenis ikan yang mempunyai ciri khas yaitu memiliki kumis. Ikan lele banyak dikonsumsi manusia karena harganya yang sangat terjangkau dan juga kandungan gizinya yang lumayan banyak. Mudahnya beternak ikan jenis ini membuatnya banyak dijual di pasar ikan maupun di warung sekitar tempat tinggal Anda. Dan cara budidaya ikan lelepun cukup mudah.
Tahukah Anda lele ternyata memiliki fakta unik yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Berikut tujuh diantaranya:

Kolam atau Sawah Menjadi Bersih

Walaupun banyak orang yang beranggapan bahwa lele termasuk ikan yang sangat kotor, tetapi faktanya ikan ini mampu membuat kolam atau sawah bebas dari jentik nyamuk dan hama yang membuat air menjadi tercemar.

Organ Sensor Lele di Sepanjang Tubuh

Tahukah Anda kenapa lele dengan mudah mampu mengetahui keberadaan si pemberi makanan walaupun dari jarak 90 meter dari lokasinya? Ternyata hal itu disebabkan organ sensor di sepanjang tubuh lele yang berfungsi sebagai indera pendengar. Kemampuan mendengar yang sangat baik ini membuat lele bisa mendengar suara yang sangat lembut sekalipun.

Ikan Noktural

Pada siang hari, lele suka bersembunyi di habitat yang gelap. Sementara itu, lele akan bergerak aktif pada malam hari untuk mencari makanan. Pada umumnya lele adalah pemakan ikan kecil, serangga air, dan hewan kecil lain yang terdapat di air. Lele termasuk ikan predator yang suka memangsa anak-anaknya sendiri.

Bertelur dalam Jumlah Banyak

Fakta unik lele lainnya adalah ikan jenis betina pada umumnya bertelur dalam jumlah yang banyak yaitu sekitar 2.000 sampai 21.000 buah. Telur-telur tersebut disimpan di dalam sarang yang terbuat dari ranting atau batang kayu. Lele juga bisa menyimpan telur di tempat yang gelap. Telur akan menetas dalam waktu 6 sampai 10 hari tergantung pada suhu air. Selanjutnya, lele jantan akan menjaga anak-anak lele uang baru menetas selama satu minggu.

Kandungan Gizi Tinggi

Suka makan lele goreng atau pecal lele? Tidak banyak yang mengetahui bahwa ikan lele mempunyai kandungan dan nilai gizi yang tinggi. Kadar lemak dan kalori pada lele termasuk rendah sehingga aman jika dikonsumsi lebih banyak. Lele juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh Anda. Selain itu lele juga mengandung zink, natrium, kalium, magnesium, dan fosfor. 

Makanan Berbeda Sesuai Usia

Ketika lele masih berusia muda, lele memakan serangga air seperti larva nyamuk, lalat, dan capung. Namun saat dewasa, lele akan memakan biji-bijian, siput, ikan kecil, alga, dan tanaman air. Ini merupakan fakta unik lele yang baru Anda ketahui.

Cara Unik Berkomunikasi

Lele berkomunikasi dengan sesamanya dengan memperdengarkan bunyi-bunyian tertentu. Ikan ini mampu menghasilkan berbagai macam jenis bunyi.
Tujuh fakta unik di atas membuat Anda menjadi semakin mengenal ikan lele ini. Ada sebagian orang tidak menyukai lele karena badannya yang memilik banyak lendir. Beredar informasi bahwa ikan lele memakan kotoran manusia menyebabkan ikan ini tidak dikonsumsi manusia. Namun, di Amerika Serikat ternyata ikan lele menempati posisi tertinggi keempat yang paling banyak dikonsumsi. Ikan ini banyak sekali terdapat di sana dan tidak pernah habis beredar di masyarakat.
Sekarang tergantung selera Anda apakah tetap memasukkan ikan lele ke dalam daftar masakan Anda setelah mengetahui fakta unik lele ini. Mengingat banyaknya peminat ikan ini, sangat tidak masuk akal jika informasi buruk yang tersiar adalah berita benar. Faktanya, semakin banyak pembelinya dan semakin banyak pula pedagang dan juga peternak ikan lele ini.