5 Gejala Alergi Susu Penambah Berat Badan Anak 2 Tahun

Susu adalah salah satu nutrisi tambahan selain makanan utama. Pemberian susu ini bisa membantu proses pertumbuhan dan penambahan berat badan. Namun, Anda jangan asal dalam memilih susu untuk anak. Kalau tidak cocok, biasanya anak mudah alergi. Berikut ini ada beberapa tanda atau gejala alergi akibat susu penambah berat badan anak 2 tahun.

1.  Masalah Saluran Pencernaan

Pada umumnya anak yang memiliki alergi dengan susu penambah berat badan akan mengalami berbagai manifestasi seperti yang paling umum adalah gangguan saluran pencernaan. Kurang lebih sebesar 50 hingga 60 persen, anak biasanya akan mengalami rasa seperti mual, muntah, perut yang selalu bunyi, hingga diare yang bisa terjadi berkepanjangan.

Hal ini bisa dikarenakan protein yang digunakan di dalam susu, lebih banyak menggunakan dari protein hewani. Akibatnya bagi sebagian anak, menyebabkan sistem kekebalan tubuh menganggap protein adalah benda asing. Oleh karena itu, penggantian protein dari jenis hewani merupakan salah satu solusi yang baik.

2.  Masalah Kulit

Selain bermasalah pada saluran pencernaan, manifestasi lainnya berupa bercak kemerahan. Pada umumnya, bercak kemerahan ini bisa berada di bagian tubuh mana saja. Baik itu pada bagian yang terlihat maupun di bagian tubuh yang tertutupi. Bercak kemerahan ini juga diiringi dengan rasa gatal.

Akibatnya anak atau penderita yang alergi dengan susu penambah berat badan bisa terasa sensasi seperti terbakar. Tentu masalah seperti ini bisa menimbulkan rasa sensasi yang tidak nyaman terutama anak yang memiliki riwayat penyakit dermatitis atopik. Yakni peradangan kulit yang kering dan terasa gatal namun tidak menular.

3.  Masalah Saluran Pernapasan

Manifestasi alergi akibat susu penambah berat badan anak 2 tahun biasanya terletak pada bagian saluran pernapasan. Bentuknya pun beragam seperti batuk tiada henti, bersin-bersin, bahkan sesak napas. Tidak hanya itu saja, bagi yang memiliki riwayat seperti asma, dapat menyebabkan asma sering kambuh.

4.  Masalah Anggota Tubuh

Selain gejala-gejala tersebut, ada juga gejala yang menyebabkan bagian anggota tubuh mengalami kelainan atau ketidakwajaran. Misalnya pembengkakan lidah dan tenggorokan. Ada juga pembengkakan pada seluruh bagian wajah. Ada juga bengkak bagian bibir hingga terasa layaknya digigit semut merah dan panas. Ada juga yang bengkak pada bagian amandel.

5.  Masalah Serius

Apabila pemakaian susu ini tidak cocok, langsung hentikan pemakaian. Terutama sudah timbul gejala-gejala seperti sebelumnya. Apabila tidak segera ditangani, alergi juga bisa mengakibatkan hal fatal. Misalnya anak bisa mengalami syok anafilaksis yakni tubuh mengalami kenaikan kerentanan suatu organisme terhadap injeksi protein. Bila tidak segera dilarikan ke fasilitas kesehatan berakibat tidak sadar bahkan menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, sebelum memilihkan susu penambah berat badan anak 2 tahun, ada baiknya Anda mengecek keadaan atau kondisi tubuh anak. Setelah itu konsultasikan kepada dokter atau tenaga ahli gizi terkait kandungan-kandungan yang penting dan cocok untuk anak.

By hary