Di dalam rumah, bisa dikatakan sofa adalah perlengkapan yang sangat dibutuhkan, terutama untuk ditempatkan di ruang tamu atau ruangan keluarga. Dengan melakukan kombinasi yang tepat, sofa bukan sekedar tempat duduk lagi, akan tetepi menunjang keelokan ruangan Anda. Sofa sendiri terdiri dari bercamam bahan. Ada sofa yang dibuat dari kulit, beludru, katun, dan bahan yang lain. Tetapi saat menentukan sofa, tentunya Anda mengharap memakainya dalam kurun waktu yang lama.

Anda pasti berharap sofa yang Anda miliki selalu bagus dan tahan lama. Walau kualitas bahan bisa menentukan keawetan sofa, tetapi cara Anda dalam menjaga dan bersihkan sofa juga berperan penting. Lantas, bagaimanakah cara menjaga dan bersihkan sofa agar selalu nampak cantik dan bertahan lama? Berikut panduan lengkapnya!

 

1. Teratur bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Bila Anda memiliki hewan piaraan seperti kucing atau anjing, juga ketika anak kerap bermain di dekat sofa, idealnya Anda perlu rutin membersihkan sofa memakai vacuum cleaner. Bulu pada hewan sering kali terjebak di antara sofa. Jika sofa Anda dibuat dari kain dengan jahitan yang gampang memerangkap debu dan bulu, maka Anda perlu menggunakan pembersihan yang lebih efektif pada beberapa sudut sofa Anda. Bila perlu, saat sebelum menggunakan vacuum, sikat sedikit beberapa bagian sofa yang terdapat banyak kotoran.

Bila sofa Anda kerap digunakan, lakukanlah pembersihan secara teratur setidaknya satu minggu sekali. Bila Anda membersihkan dengan vacuum cleaner, pakailah vacuum dengan ujung yang berbulu lembut. Dan ketika memakainya, jangan begitu dekat, supaya permukaan atasnya tidak tergesek. Cara ini dianggap efisien untuk mengisap debu, partikel kulit mati, bulu, dan kotoran yang lain tertumpuk di bahan sofa.

 

2. Jaga Bantalan

Bantalan bangku seharusnya dijemur di cahaya matahari minimal satu minggu sekali, paling tidak minimal satu jam. Di samping itu, untuk menjaga elastisitasnya Anda bisa memukul pelan dan balik bantalan debu sewaktu menjemur, supaya debunya turut terangkat. Dengan begitu, isi bantalan akan menebar kembali lagi dan tidak kempes.

Supaya sofa masih terlindungi kenyamannya, Anda bisa mengatur formasi bantalannya. Ketika salah satu sisi dirasa mulai kempes, maka jangan duduk di posisi itu terlalu lama. Anda bisa memutar agar bantalan menjadi rata dan tidak kempes pada satu bagian saja.

 

3. Perawatan Kebersihan Sesuai Tipe Sofa

Bila sofa Anda terbuat dari bahan kulit, berikan conditioner atau pelembab spesial untuk sofa memiliki bahan kulit. Sebagai antisipasi, Anda bisa membaca dahulu langkah dan ketentuan gunakan dalam memakai conditioner dan pelembab. Jika sofa di dalam rumah Anda memakai bahan katun, dalam membersihkannya cukup memakai air atau kain yang sebelumnya dibasahkan.

Bila sofa Anda terbuat dari bahan Polyester, Anda tidak memerlukan air untuk membersihkannya bersih sama air. Cukup gunakan pola pembersihan secara dry clean. Hal ini untuk menjaga bahan sofa agar tidak mengkerut.

Sedang bila sofa Anda terbuat dari bahan sutra atau wol, membersihkannya juga memerlukan dry cleaning, tidak perlu air. Membersihkan sofa dari bahan sutra atau wol mengenakan air akan menjadikan bahan sofa berpotensi luntur warnanya. Tetapi bahan seperti ini jarang-jarang dipakai untuk sofa, umumnya hanya untuk bantal sofa saja.

Nah, demikian beberapa panduan yang bisa kami berikan. Jika Anda tinggal di daerah Sleman Jogjakarta, Anda bisa membersihkan sofa secara maksimal dengan menggunakan jasa cuci sofa Sleman dari Jogja Clean. Jasa cuci dari Jogja Clean akan memberikan layanan yang cepat, terpercaya, dan berkualitas. Selain itu, jasa ini menawarkan pencucian lain seperti Spring Bed, karpet, dan lain-lain.